Ini 5 Transgender Populer Indonesia

Lima Transgender asal Indonesia (Instagram/Youtube)
04 April 2018 18:58 WIB Muhammad Rizal Fikri Viral Share :

Solopos.com, SOLO – Isu mengenai transgender selalu menjadi hal sensitif di Indonesia. Namun, hal tersebut tak menghentikan munculnya beberapa tokoh transgender. Bahkan beberapa di antara mereka bisa dibilang cukup berprestasi.

Baru-baru ini kata transgender lekat dengan nama Lucinta Luna. Ia dikabarkan sebagai seorang transgender. Bahkan video dan kartu identitas yang mendukung hal itu sempat viral di media sosial (medsos). Kasus tersebut sempat memunculkan perseteruan antara Lucinta Luna dengan beberapa publik figur.

Terlepas dari benar atau tidaknya Lucinta Luna seorang transgender, sebelumnya Indonesia sudah memiliki beberapa transgender yang cukup populer. Di antara mereka ada yang berkarier di dunia hiburan atau model.

Berikut ini lima transgender asal Indonesia:



1. Dorce Gamalama

Dorce Gamalama merupakan perempuan transgender yang dikenal sebagai penyanyi, pembaca acara, hingga bintang film. Dorce lahir sebagai laki-laki dengan nama Dedi Yuliadri Ashadi. Transgender kelahiran Solok, Sumatra Barat 21 Juli 1963 itu lihai dalam hal tarik suara.

Dia cukup sering menghiasi layar kaca televisi pada tahun 1990-an. Kini Dorce sudah mulai jarang terlihat di layar kaca.

Namun, beberapa sumber mengungkap Dorce masih menerima undangan acara off air. Dia juga diketahui menjalani hidup yang lebih religius.



2. Baby Wijaya

Baby Wijaya mungkin tak sepopuler Dorce Gamalama, namun Baby juga salah satu transgender asal Indonesia yang aktif di dunia hiburan.

Namanya mulai dikenal saat memerankan tokoh bernama Julia Robex di film Mati di Pelukan Janda yang rilis 2011. Saat itu Baby sempat disebut sebagai Ratu Waria.

Dihimpun dari berbagai sumber, Baby yang tak mau mengungkap nama aslinya lahir sebagai laki-laki di Surabaya, 21 Agustus 1985. Ia mengaku merasa sebagai perempuan sejak kecil. Pada 1997 Baby memeluk agama Islam. Ia mulai berdandan sebagai perempuan sejak kuliah.



3. Dinda Syarif
Dinda Syarif bisa juga disebut sebagai transgender hits masa kini. Belum banyak informasi beredar mengenai nama Dinda saat belum menjadi transgender.

Menurut beberapa informasi, ia lahir sebagai laki-laki, namun Dinda lebih merasa sebagai perempuan hingga akhirnya ia menjadi transgender.

Dinda Syarif dikabarkan pernah mengikuti Miss Waria Indonesia 2016. Tahun ini, Dinda Syarif mewakili Indonesia dalam ajang internasional Miss International Queen 2018 yang diselenggarakan di Thailand.

4. Dena Rachman
Bagi generasi ‘90-an pasti lupa-lupa ingat dengan Dena Rachman. Iya, dulunya dia adalah artis cilik laki-laki yang dikenal sebagai Renaldy.

Sempat hilang dari dunia hiburan, Renaldy kemudian muncul dan memproklamirkan dirinya sebagai perempuan bernama Dena Rachman. Kini nama Dena Rachman kembali kerap menghiasi pemberitaan online.

Dena kini menggeluti karier di dunia model. Ia dikabarkan tampil di ajang bergengsi New York Fashion Week.



5. Solena Chaniago
Solena Chaniago merupakan transgender kelahiran Padang, Sumatera Barat. Solena berkarier sebagai penata rambut dan penata rias. Meski lahir dan berkewarganegaraan Indonesia, Solena hidup dan berkarier di Amerika Serikat.

Laman Wikipedia menyebut Solena sebagai wanita transgender asal Asia pertama yang mampu menembus industri film Hollywood. Pada 2010 Solena berakting di film The Brooklyn Finest dan The Extra man.