Juri Masterchef Inggris Dihujat, Rendang Ayam Garing Itu Apa?

Rendang ayam buatan Zelda (Youtube)
04 April 2018 20:20 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, SOLO – Rendang merupakan salah satu makanan khas Melayu yang sangat populer. Baru-baru ini, makanan tersebut ramai dibahas gara-gara ajang pencarian koki berbakat internasional, Masterchef UK.

Dalam salah satu episode acara tersebut, seorang peserta asal Malaysia bernama Zelda Kadir Olpin menghidangkan rendang ayam. Namun, makanan lezat yang disajikan Zelda mendapat kritikan dari juri dan membuatnya tereliminasi. Dewan juri ajang tersebut, John Torode dan Gregg Wallace, menilai rendang ayam yang dihidangkan Zelda kurang nikmat.

"Saya suka rasa rendangnya. Ada rasa manis kelapa di sana. Akan tetapi, kulit ayamnya tidak garing. Kulitnya tidak bisa dimakan karena banyak saus di atasnya," kata Gregg Wallace seperti dilansir BBC, Selasa (3/4/2018).

Rendang ayam itu disajikan Zaleda dalam babak perempat final. Dia menghidangkannya bersama makanan khas Malaysia, nasi lemak. Sayang, hidangannya tidak berhasil memuaskan juri dan membuatnya tersisih dari ajang bergengsi itu.

Seperti diketahui, rendang merupakan masakan olahan daging yang kaya bumbu dan teksturnya basah. Jadi, wajar saja jika rendang ayam yang disajikan Zelda basah dan sangat berminyak. Alhasil, kritikan yang disampaikan juri ajang tersebut langsung menjadi bahan gunjingan warganet di Indonesia dan Malaysia. Mereka menilai kritikan tersebut tidak tepat. Bahkan, Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak sampai menanggapi kritikan itu melalui akun media sosialnya.

"Mana ada orang makan rendang ayam crispy?" tanya Najib Razak.

 

Sementara itu, Zelda sebenarnya telah mengunggah foto nasi lemak lengkap dengan rendang ayam itu di akun Instagram pribadinya, @z.olpi, sejak 17 Maret 2018 lalu. Melalui foto itu dia menceritakan kebanggannya memperkenalkan masakan khas Melayu di ajang bergengsi tersebut.

"Tereliminasi dari ajang #masterchefuk. Tapi, aku bangga bisa memasak nasi lemak sesuai resep tradisional dan akan tidak akan pernah mengubahnya untuk dunia. Ini sepenggal kenangan saya di dapur Masterchef UK. Terima kasih banyak atas dukungan kalian semua," ungkapnya.