5 Acara Misteri yang Populer di Televisi Indonesia

Karma, acara reality show berbau mistis yang tayang di ANTV (Instagram)
06 April 2018 08:25 WIB Muhammad Rizal Fikri Viral Share :

Solopos.com, SOLO – Acara bernuansa misteris menjadi komoditas sendiri dipertelevisian Indonesia. Dari tahun ke tahun hampir selalu ada model-model baru acara yang mengekspose sisi misterius suatu hal.

Dari tahun ke tahun, acara misteri di TV Indonesia datang dan pergi silih berganti. Dari tahun 2000-an, ada beberapa acara misteri yang dianggap sebagai pionir hingga menginspirasi beberapa stasiun televisi untuk membuat acara serupa. Ada yang identik dengan uji nyali, reka ulang momen-momen seram, hingga perburuan hantu bersama orang yang dianggap memiliki kemampuan di bidang supernatural.

Berikut ini lima acara bertema misteri yang pernah dan masih populer di televisi Indoensia;

1. Kisah-Kisah Misteri

Kisah-Kisah Misteri atau kerap disingkat Kismis merupakan acara misteri yang ditayangkan RCTI pada awal tahun 2000-an. Acara ini bisa dibilang pionir acara misteri modern. Kismis dibawakan oleh Caroline Zachrie, gaya khas Caroline merupakan salah satu daya tarik Kismis.

Kismis biasa mengangkat cerita-cerita misteri yang populer baik di era tahun tertentu atau daerah tertentu. Narasumber yang diklaim terkait dengan sebuah kisah misteri biasa didatangkan untuk memberi keterangan yang nantinya ditayangkan dalam video ilustrasi.

2. Percaya Nggak Percaya

Hampir bersamaan dengan masa-masa popularitas Kismis, di ANTV tayang acara misteris berjudul Percaya Nggak Percaya. Berbeda model tayangan, Percaya Nggak Percaya memiliki daya tarik lain dibanding Kismis. Acara yang dipandu paranormal Leo Lumanto itu mengajak penonton berkeliling ke suatu tempat yang dianggap angker. Di situ Pak Leo akan menyelaskan hal-hal mistis menurut Pek Leo.

3. Dunia Lain

Dunia Lain tak kalah populer dengan dua acara misteri sebelumnya. Pertama tayang pada 2002, Dunia Lain mengambil hati penonton melalui “Uji Nyali”. Setiap episode penelusuran tempat angker akan diwarnai dengan kontes uji nyali di mana pesertanya berasal dari warga umum yang tertarik mengadu keberanian.

Dunia Lain terkenal dengan penampakan yang kerap tertangkap kamera. Di salah satu episode uji nyali di Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah, salah satu peserta tampak sampai terlempar karena dorongan dari sesuatu tak kasat mata.

Dunia Lain tayang di Trans TV hingga 2004 kemudian sempat menghilang dari layar kaca dan sempat muncul lagi di Trans 7 dengan judul (Masih) Dunia Lain pada 2010 dan tayang hingga 2014.

4. Mister Tukul Jalan-Jalan

Acara misteri yang satu ini terbilang unik. Dibawakan oleh komedian Tukul Arwana, Mister Tukul Jalan-Jalan dikemas seperti acara travel yang mengunjungi berbagai wisata di Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu, tema travel tergeser dengan tema horor kemudian menjadi identitas baru acara tersebut. Acara ini menayangkan saat Tukul bersama paranormal menjelajahi tempat-tempat angker di Indonesia.

5. Karma

Karma merupakan acara misteri terbaru yang sekarang ramai diperbincangkan khalayak. Acara ini diklaim menguasai share dan rating dibanding acara lain yang tayang diwaktu yang sama. Acara yang tayang mulai 24 Desember 2017 itu berbeda dengan acara misteri lain yang pernah populer sebelumnya.

Karma lebih membahas tentang misteri kehidupan. Dalam acara tersebut dihadirkan 31 narasumber yang memiliki cerita atau pengalaman tak biasa mengenai hidupnya. Narasumber itu nantinya akan dihadapkan dengan paranormal yang diklaim mampu melihat masa lalu dan masa depan seseorang. Acara yang tayang setiap hari pukul 22.15 WIB itu dibawakan oleh paranormal Roy Kiyoshi dan pembawa acara Robby Purba.

 

Tokopedia