Batu Karang Dibersihkan, 10 Orang Malah Keracunan

Chris Matthews dan kekasihnya berfoto di depan akuarium (metro.co.uk)
10 April 2018 03:00 WIB Muhammad Rizal Fikri Viral Share :

Solopos.com, STEVENTON – Siapa sangka membersihkan akuarium bisa membuat 10 orang harus dilarikan ke rumah sakit? Pria 27 tahun asal Steventon, Oxfordshire, Inggris, Chris Matthews tanpa sengaja melepaskan racun paly toksin dari batu karang yang ia bersihkan.

Kisah unik ini terjadi akhir Maret kemarin, tepatnya Senin (26/3/2018). Saat itu Chris membersihkan akuarium miliknya. Ia membersihkan batu karang dengan cara menyikatnya. Aktivitas tersebut berjalan seperti biasa, Chris dan anggota keluarganya tak merasakan apapun hingga hari berikutnya.

“Suhu tubuh tak menentu, kami merasa sulit bernapas dan batuk-batuk. Kami sempat menganggap ini cuma flu biasa, tapi semuanya berubah menjadi kecurigaan keracunan saat dua anjing kami juga sakit,” ungkap Chris kepada Fox News, Rabu (4/4/2018).

Chris akhirnya menghubungi nomor darurat dan menceritakan kondisi keluarganya. Bantuan yang datang bisa dibilang cukup besar. Tanpa butuh waktu lama rumah Chris sudah dibarikade polisi. Tiga ambulan dan mobil pemadam kebakaran disiagakan.

Chris dan keluarganya langsung dievakuasi berserta empat pemadam kebakaran yang menghirup udara di rumah Chris. Empat pemadam kebakaran dan tiga anggota keluarga Chris dipersilahkan keluar dari rumah sakit tak sampai 12 jam, namun tiga anggota keluarga lainnya diminta menginap untuk menunggu hasil tes darah.

“Kalau saja kami nekat tinggal di rumah satu malam lagi, mungkin efeknya akan mematikan,” ucap Chris seperti dikutip Metro.co.uk, Jumat (6/4/2018).

Akibat peristiwa tersebut pintu dan jendela rumah Chris dibiarkan terbuka selama satu malam. Polisi berjaga semalaman. Warga sekitar diminta tetap di rumah dan dipastikan tak ada bahaya mengancam. Pemadam kebakaran dan dinas kesehatan setempat mengambil batu karang di akuarium Chris.

Gejala keracunan yang dialami Chris dan korban lainnya disebabkan oleh racun paly toksin yang ada di batu karang. Sebagai penyuka ikan, Chris mengaku tahu racun tersebut, namun Chris tak tahu kalau mengeluarkan batu karang bisa menyebabkan paly toksin menyebar melalui udara.

“Saya tahu mengenai paly toksin. Racun itu bisa membunuh apabila termakan. Goresan dari karang yang mengandung paly toksin bisa menyebabkan ruam-ruam, namun saya tak mengetahui kalau mengeluarkan batu karang dari air bisa menyebabkan racunnya menyebar melalui udara,” terang Chris.

Center for Disease Control and Prevention (CDC) menyebut paly toksin adalah salah satu racun yang memiliki potensi mematikan. Racun itu bisa menyebar melalui kulit, udara, dan oral. Kasus terpapar paly toksin bagi pemelihara ikan biasanya melalui udara atau kulit karena luka yang disebabkan goresan dengan batu karang.