Ruas Jalan di Wedi Klaten Dikepung Sampah

Pengendara sepeda motor melintasi jalan yang dikepung sampah di Klaten (Instagram)
10 April 2018 08:10 WIB Muhammad Rizal Fikri Viral Share :

Solopos.com, KLATEN – Salah satu ruas jalan di Dusun Kalitengah, Desa Wedi, Klaten, Jawa Tengah menjadi gunjingan warganet. Alasannya, di ruas jalan tersebut ada tumpukan sampah di kanan kiri jalan hingga menyebabkan genangan air.

Kondisi ruas jalan tersebut viral setelah sebuah video pendek diunggah di akun Instagram @infocegatansukoharjo, Senin (9/4/2018). “Menurutmu piye lur? Ada yang pernah lewat sini? Lokasi: barat Kalitengah, Wedi, Klaten,” tulis @infocegatansukoharjo.

Dalam video tersebut terekam ruas jalan yang tampaknya kanan kirinya daerah persawahan. Di ujung jauh video tersebut masih tampak kanan kiri daerah persawahan hijau. Namun, kondisi kumuh terekam di sisi sebaliknya, terekam kondisi pinggi jalan dipenuhi sampah. Bahkan, jalan yang tidak ada sampah tampak kering, namun jalan yang pinggirnya ada sampah tampak genangan air.

Dalam video tampak beberapa sepeda motor melintas dengan hati-hati agar tak tergelincir. Air yang menggenang di jalan diduga sangat mengganggu dan bisa menimbulkan bau tak sedap. Meski sudah viral, belum bisa dipastikan apakah tempat tersebut benar-benar tempat pembuangan sampah resmi atau liar.

Warganet yang menonton video tersebut memberikan komentar mereka. Beberapa ada yang menganggap kondisi tersebut sangat jorok dan ada juga yang mengadu ke Gubernur nonaktif Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

“Waduh, kok ini mengerikan ya,” tulis @ninksich.wahyu.

“Laporkan dinas terkait,” tulis @rista_bayu_t.

“Itu mungkin kebiasan masyarakat setempat yang ga peduli lingkungan,” tulis @devitarosiyani.