Lanjutkan Hidup, Lisa ‘Face Off ’ Kini Jualan Perhiasan Handmade

Lisa berfoto dengan salah satu pelanggan (Instagram/lisa_jewellry_handmade)
12 April 2018 08:00 WIB Muhammad Rizal Fikri Viral Share :

Solopos.com, SURABAYA – Masih ingatkah Anda dengan Lisa, perempuan yang menjalani operasi face off pada 2006? Setelah kurang lebih 12 tahun berselang, kini Lisa memiliki hidup baru. Menjual perhiasan handmade menjadi salah satu kesibukan Lisa sekarang.

Dikutip Solopos.com dari Liputan6.com, Rabu (11/4/2018), Lisa memiliki nama asli Siti Nur Jazilah. Ia merupakan warga Dusun Jeru, Desa Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim). Lisa harus berpisah dengan kedua orang tua sejak usia tiga tahun. Ibunya merantau ke luar negeri sebagai TKW, sedangkan ayahnya pergi ke Surabaya. Sejak saat itu Lisa dirawat kakek neneknya.

Kondisi ekonomi membuat Lisa terjebak dalam dunia prostitusi. Setelah putus sekolah tingkat SMP, Lisa yang masih berusia 15 tahun menjadi PSK di kawasan Bangunrejo, Surabaya. Satu bulan minggat dari rumah kakek neneknya, Lisa pulang memberikan sebagian hasil sebagai PSK.

Tak lebih dari empat bulan, Lisa menghilang dari lokalisasi. Dia pergi bersama salah satu pelangganya bernama Mulyono. Lisa dinikahi siri Mulyono dan tinggal di kampung halaman Mulyono di Gondang Legi, Pasuruan, Jatim. Pernikahan dilaksanakan April 2000.

Dua tahun menikah, Lisa Tak tahan dengan tabiat Mulyono. Lisa memutuskan pulang ke Malang. Di kampung halaman Lisa mendapat ajakan dua tetangganya untuk merantau ke Pontianak, Kalimantan Barat. Tak mendapat pekerjaan yang lebih baik, di Pontianak Lisa kembali menjadi PSK.

Enam bulan di Pontianak, Lisa disusul Mulyono. Setelah melalui pertengkaran hebat, Lusi berhasil dipaksa pulang ke Pasuruan. Semenjak saat itu kabar Lisa tak diketahui, teman dan tetangga Lisa pun tak tahu kabar lisa. Kondisi senyap itu berlangsung kurang lebih tiga tahun, sampai Mulyono membawa Lisa ke Rumah Sakit (RS) dr Soetomo, Surabaya, Jatim dengan kondisi wajah rusak.

Singkat cerita, Lisa setuju mendapat tawaran operasi face off. Dia menjalani operasi pada 28 Maret 2006. Operasi selama kurang lebih 18 jam dilakukan oleh tim dokter sebanyak 42 orang. Tak berhenti sampai disitu, Lisa menjalani beberapa tahap operasi besar. Proses penyembuhan pun tak hanya dalam hitungan bulanan, ia dirawat di RS selama tujuh tahun. Ia baru keluar dari rumah sakit pada 2014.

Kini, Lisa sudah menjalani hidup normal. Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Rabu, kini Lisa aktif menjual perhiasan handmade melalui media sosial Instagram. Lisa menawarkan produknya melalui akun @lisa_jewellry_handmade.

Selain berjualan online, Lisa tak jarang mengikuti pameran-pameran. Pelanggan Lisa pun tak main-main. Ia sempat mengunggah foto yang menyebutkan istri direktur salah satu rumah sakit di Surabaya menyukai kalung buatan Lisa.

 

Tokopedia