Di Jepang, Robot Android Nyalon Jadi Wali Kota

Daftar calon wali kota Tama, Tokyo, Jepang(Oddity Central)
15 April 2018 11:00 WIB Muhammad Rizal Fikri Viral Share :

Solopos.com, TOKYO – Kecerdasan buatan atau artificial intelligence atau AI memang sudah dikembangkan untuk berbagai hal. Mulai dari video game hingga beberapa aplikasi online. Namun, sudah tahukah Anda kalau ada AI yang dicalonkan menjadi wali kota?

Calon wali kota yang tak biasa itu ada di pemilihan umum di Kota Tama, Tokyo, Jepang. Calon wali kota Michihito Matsuda tidak mengampanyekan profilnya, ia malah memasang sosok robot android yang diibaratkan sebagai AI yang akan menjadi wali kota kalau dia terpilih.

Dilansir odditycentral, Kamis (12/4/2018), Michihito pernah maju pada pemilu Wali Kota Tama City 2014, saat itu dia kalah jauh dari wali kota terpilih. Dalam kampanyenya, Michihito tak memasang foto dirinya. Visi misinya untuk memaksimalkan penggunaan AI dalam struktur pemerintahan. Dia ingin mengganti pejabat dengan kecerdasan buatan.

Pertama kali di dunia, AI ikut pemilu. Kecerdasan buatan akan mengubah Kota Tama. Dengan lahirnya AI wali kota, kami akan membuat politik yang seimbang. Kami akan memparktikkan kebijakan untuk masa depan. Kebijakan terukur, dan memimpin generasi muda,cuit Michihito di akun Twitter @tama_ai_mayor.

Michihito percaya AI dapat mengungguli manusia saat membuat keputusan. Bahkan ia menekankan AI tak mungkin melakukan korupsi.

Aksi Michihito ini mengundang pro dan kontra. Dari informasi yang dihimpun Oddity Central pandangan Michihito tak begitu populer di mata masyarakat. Bahkan disebut dalam laman tersebut, dalam pemilu yang diselenggarakan Minggu (15/4/2018), kemungkinan Michihito untuk menang sangatlah kecil.

Tokopedia