Dukun Populer Raja Bomoh Maju di Pemilu Malaysia

Ibrahim Mat Zain, Raja Bomoh. (Thestar.com)
18 April 2018 11:00 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, KUALA LUMPUR – Seorang dukun terkenal Malaysia, Ibrahim Mat Zin, dikabarkan maju dalam pemilihan umum (pemilu) 9 Mei 2018 mendatang. Pria berusia 67 tahun yang dijuluki sebagai Raja Bomoh itu telah mengumumkan niatnya ikut bertarung dalam pemilu Malaysia, Selasa (17/4/2018).

Diwartakan The Straits Times, Selasa (17/4/2018), Ibrahim Mat Zin pernah menjadi bulan-bulanan warga dunia pada 2014 silam. Kala itu, dia mengklaim dapat menemukan bangkai pesawat MH370 yang hilang dari radar Malaysia dalam perjalanan menuju ke Beijing, Tiongkok, pada 8 Maret 2014 lalu, menggunakan kelapa, karpet terbang, dan teropong bambu.

Ibrahim Mat Zin kemudian melakukan dua ritual di Bandara Internasional Kuala Lumpur untuk membuktikan ucapannya. Tapi, sampaui saat ini bangkai pesawat Malaysia Airlines MH370 belum diketahui rimbanya.

Tapi, kegagalan itu tak membuat Ibrahim Mat Zin kapok membuat sensasi. Pada Februari 2017 lalu, dia melakukan ritual yang diklaim dapat melindungi Malaysia dari serangan negara Asia Timur. Ritual itu dilakukan saat terjadi ketegangan antara Malaysia dan Korea Utara akibat tewasnya kakak tiri Kim Jong Un, Kim Jong Nam.

Dalam sebuah video yang viral di dunia maya, Ibrahim Mat Zin melakukan ritual bersama tiga asistennya. Saat itu, dia memakai dua buah kelapa, sepasang tongkat untuk teropong, lima meriam bambu, karpet, dan semangkuk air laut untuk memudahkan ritualnya.

Sayang, tindakan itu membuat Ibrahim Mat Zin harus berurusan dengan hukum karena dianggap menghina Islam. Dia kemudian mengaku bertibat setelah diadili di Pengadilan Syariah Malaysia. Kini, dia kembali membuat heboh dengan mengumumkan keiikutsertaannya dalam pemilu Malaysia. Tapi, rencana ini bukanlah kali pertama baginya. Sebab, dia sering mengucapkan hal serupa yang selalu membuat warga Malaysia heboh.

Tokopedia