Ingat Sisca Soewitomo Si Ratu Boga? Begini Kabarnya Sekarang

Sisca Soewitomo (Instagram/sisca.soewitomo)
20 April 2018 00:10 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, SOLO – Anda yang sudah melewati periode 1990-an tentu tidak asing dengan sosok Sisca Soewitomo. Pakar boga yang satu ini hampir tak pernah absen muncul di layar kaca saat akhir pekan tiba. Aksi memasak dalam acara khusus kuliner yang dibawakannya selalu ditunggu oleh kaum ibu.

Dalam acara itu, Sisca Soewitomo selalu hadir menunjukkan cara memasak menu makanan yang simpel, lezat, dan tentu menggugah selera. Berbagai resep masakan yang dibuatnya juga mudah ditiru. Tak heran, hal ini membuatnya menjadi bintang yang diidolakan banyak orang.

Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Kamis (19/4/2018), Sisca Soewitomo merupakan seorang pakar kuliner kelahiran Surabaya, 8 April 1949, ini pernah kuliah di fakultas kedokteran. Tapi, cita-citanya menjadi dokter kandas di tengah jalan karena berhenti kuliah pada semester kedua.

"Saya menikah. Tapi, saya harus membuat sesuatu untuk menambah penghasilan keluarga. Saya pun kuliah lagi. Dulu ada dua jurusan, yakni perhotelan dan seni rupa. Saya pilih perhotelan, karena tidak perlu lelah belajar. Saat itu saya sudah punya dua anak. Saya bisa kuliah sambil membesarkan anak," katanya seperti dikutip dari Okezone.

Sisca Soewitomo kemudian mendapatkan beasiswa dari American Institute of Baking di Manhanttan, Kansas, Amerika Serikat. Di sana, dia belajar mengolah berbagai macam makanan. Sepulang dari Amerika Serikat, dia berpetualang di industri boga hingga akhirnya didaulat menjadi pengisi acara Aroma di televisi pada 1997.

Meski sudah tidak aktif mengisi acara di layar kaca, Sisca Soewitomo masih menggeluti profesinya sebagai koki. Melalui akun Instagram-nya, @sisca.soewitomo, wanita berusia 69 tahun itu memperlihatkan berbagai aktivitasnya. Beberapa hari yang lalu, dia turut memeriahkan acara Ubud Food Festival di Ubud, Bali.

Sisca Soewitomo juga sesekali mengisi acara kuliner seperti yang dulu dilakukannya dalam program Aroma. Dia juga masih sering diminta berdemo masak di sejumlah acara di televisi. Sebagai seorang pakar kuliner, dia telah melahirkan banyak koki muda yang sukses di Tanah Air. Dedikasinya di bidang kuliner ini membuatnya dijuluki sebagai Ratu Boga. Buktinya, meski banyak koki muda yang muncul, namanya tetap dikenang sebagai salah satu pakar kuliner Indonesia.

Tokopedia