Pengunjung Dapat 11 Jahitan Gara-Gara Diseruduk Rusa Taman Balekambang Solo

Taman Reptil di Taman Balekambang Solo (Solopos/Dok)
23 April 2018 16:45 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, SOLO – Keberadaan rusa di Taman Balekambang Solo menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Para pengunjung yang datang bisa menyaksikan rusa-rusa yang bebas berkeliaran di taman tersebut. Meski diklaim jinak, bukan tak mungkin rusa tersebut melukai pengunjung, seperti yang diceritakan pengguna akun Instagram @novitagarda, Minggu (22/4/2018).

Pemilik akun @novitagarda menceritakan kisah tragis yang dialami oleh salah satu anggota keluarganya saat berekreasi di Taman Balekambang Solo. Kala itu, suster yang menjaga anaknya tiba-tiba diseruduk seekor rusa hingga terluka parah. Akibat kejadian itu, si suster sampai harus mendapatkan 11 jahitan di bagian pantat.

"Maaf sekadar cerita, ini tadi siang saya dan keluarga ke Taman Balekambang Solo. Suster sedang gendong anak saya tiba-tiba diserang rusa sampai luka dan ada 11 jahitan di pantat. Padahal posisi di jalan biasa tidak mengganggu," terangnya melalui caption unggahan tersebut.

Menurut pemilik akun @novitagarda, sudah ada tiga orang yang diseruduk rusa dan mengalami nasib nahas seperti susternya pada hari yang sama. Video tersebut kemudian viral dan dibanjiri komentar warganet. Sejumlah warganet yang mayoritas warga Solo merasa prihatin dengan nasib buruk itu.

Lewat kolom komentar, netizen menyuarakan pendapat masing-masing. Sejumlah netizen berasumsi rusa tersebut menyerang pengunjung karena merasa lapar dan tidak mendapatkan perawatan yang baik dari pengelola Taman Balekambang Solo. Sementara beberapa warganet lainnya yang pernah mengalami kejadian serupa menceritakan kisah tragis masing-masing dan mengaku trauma.

Warganet kemudian menyarankan kepada pengelola Taman Balekambang Solo untuk lebih memperhatikan kondisi binatang tersebut agar tidak ada korban lain. Mereka juga mengingatkan netizen lainnya untuk lebih berhati-hati dan tidak mengganggu binatang yang ada di sana.

"Sama seperti kejadian dulu kakak saya juga diseruduk rusa di Taman Balekambang. Rusanya besar dan tanduknya juga besar. Kakakku sampai lari rusanya dorong dari belakang pakai tanduknya. Tapi, untung enggak sampai luka, tapi ya sakit juga. Terus sampai sekarang sudah enggak berani lagi ke Taman Balekambang," komentar @niken_marta88.

"Mending dibuatkan pagar saja biar tidak membahayakan pengunjung si rusa. Daripada nanti banyak korban, kan kasihan pengunjung yang berwisata ke sana," saran @wildawardanii.

"Menurutku rusa di sana kayak enggak pernah dikasih makan. Suka ganggu orang yang bawa makanan. Kalau tahu rusa kenyang enggak mungkin kayak gitu," terka @meymey.intania.

"Iya, di Balekambang hewannya enggak dikasih makan. Pada makan sampah. Setahu saya ada gerakan masyarakat yang peduli dan kasih mereka setiap beberapa hari sekali. Sepertinya memang harus diurus," imbuh @adelliarosaIya.