Ichsan, Buffon Kecil Asal Jatinom Klaten

Muhammad Ichsan (kanan), 10, kiper SSB Persija Putra Jatinom, menjaga gawang saat berlatih di Kecamatan Jatinom, Jumat (20/4 - 2018). (Istimewa/Ansori Sahri)
25 April 2018 08:00 WIB Cahyadi Kurniawan Viral Share :

Solopos.com, KLATEN--Muhammad Ichsan, 10, kiper asal SSB Persija Putra Jatinom, Klaten, itu mendadak jadi buah bibir seusai video rekamannya diunggah ke Youtube. Aksi heroiknya mempertahankan gawang membuat dia dijuluki sebagai Buffon-nya Jatinom.

Gianluigi Buffon adalah kiper utama Juventus dan kiper Timnas Italia. Dalam video berdurasi satu menit itu berulang kali Ichsan harus terjatuh seusai mendekap bola hasil tendangan lawan. Video yang diunggah oleh Channel Kabar 11 sebulan lalu itu ditonton hampir satu juta kali. Atas aksi heroiknya itu bocah yang mengenakan kostum Persija disebut-sebut sebagai Buffon asal Jatinom.

Ramadan Ekstra - Promo Belanja Kebutuhan Lebaran 2018 - Tokopedia

"Misi saya waktu itu hanya satu. Saya ingin menang. Jadi enggak peduli bagaimana caranya jangan sampai kebobolan," kata Ichsan, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (20/4/2018).

Waktu itu, SSB Persija Jatinom bertanding melawan Media Pemda Solo di lapangan Palur, Karanganyar, 3 Februari 2018. Pertandingan itu berakhir seri 0 - 0.

"Lawannya berat waktu itu. Pemainnya bagus-bagus," kenang bocah asal Dukuh Muloh, Desa Cawan, Jatinom.

Murid MI Al Huda Cawan itu menuturkan menjadi kiper adalah posisi idamannya sejak masuk ke SSB Persija Putra Jatinom, tahun lalu. Ia hanya rutin berlatih bersama Coach Agung Andri untuk melatih refleks dan ketangkasannya menangkap bola.

"Hanya rutin berlatih saja," balas penggemar Andritany Ardhiyasa, kiper Persija, saat ditanya kunci kecepatan refleksnya saat bertanding.

Manajer SSB Persija Putra Jatinom, Klaten, Ansori Sahri, mengatakan tidak ada perlakuan khusus bagi Ichsan selama latihan karena usianya masih dini. SSB menyediakan pelatih kiper Coach Agung Andri untuk mengasah beberapa anak asuhnya mempertahankan gawang.

"Kalau untuk penjaga gawang latihannya disendirikan oleh Coach Agung Andri yang memang bisa fokus melatih penjaga gawang. Latihannya sangat standard karena usia yang belum cukup untuk diforsir," terang dia.

Ichan bersama SSB-nya rutin berlatih menyongsong kompetisi sepak bola antar SSB yang digelar di Jatinom, Mei mendatang.