Viral Video Aksi Tembak Pengedar Narkoba, Ini Kata Polisi

Momen/momen terduga pengedar narkoba ditembak (Youtube)
30 April 2018 04:00 WIB Muhammad Rizal Fikri Viral Share :

Solopos.com, MAKASSAR – Belum lama ini viral video amatir yang merekam momen-momen polisi mengamankan seorang pria yang diduga terkait jual beli narkoba. Dalam video viral itu, polisi sempat mengeluarkan tembakan jarak dekat ke arah tersangka. Polisi pun memberi keterangan terkait insiden tersebut.

Momen-momen penangkapan pria terduga pengedar narkoba itu beredar luas di media sosial, salah satunya di akun Youtube Sudi Ansyah. Dalam video itu, tampak pria berkaus hitam bercelana jins yang diminta polisi untuk menyerahkan diri. Pria tersebut tak melawan dan mengangkat tangan, namun pria itu tak mengindahkan perintah polisi untuk menyerahkan diri. Bahkan si pria tampak melangkah maju mendekati polisi sambil tetap mengangkat tangan dan memohon ampun.

Melihat si pria tak mau menurut, polisi memberikan tembakan jarak dekat. Dari video tampak tembakan mengarah ke paha kiri si pria. Tak tampak darah atau robek di celana si pria, namun ia berteriak kesakitan sembari terhuyung-huyung mempertahankan keseimbangan. Meski sudah ditembak, pria itu harus dipaksa beberapa kali untuk tetap tiarap hingga akhirnya kedua tangannya diikat dengan rafia.

Dilansir Okezone.com, Sabtu (28/4/2018), Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Selatan, Kombes Dicky Sondani, memberi keterangan detail terkait keputusan menembak jarak dekat yang menjadi perbincangan viral di media sosial.

Peristiwa itu terjadi pada Selasa (24/4/2018) sekitar pukul 14.00 Wita. Saat itu polisi bernama Bripka Andi Rahmat Jaya sedang bertugas mengawal pengisian uang di ATM. Bripka Andi melihat dua pria yang mencurigakan. Ternyata kedua pria itu melakukan transaksi jual beli narkoba yang disamarkan dengan jual beli rokok. Di video amatir Bripka Andi sempat memperlihatkan bungkusan sabu sebagai bukti.

Bripka Andi berniat mengamankan kedua pria, namun salah satu berhasil lari setelah mendorong Bripka Andi. Peristiwa itu menyulut rasa penasaran warga, Dicky mengklaim tersangka yang masih dilokasi hampir dikeroyok warga. 

“Kabarnya sedang transaksi [narkoba]. Kemudian saat akan ditangkap, satu orang melarikan diri. Satu lagi seperti di video pura-pura ketakutan saat akan ditangkap,” jelas Dicky. Menurutnya banyak peristiwa pistol anggota Polri yang direbut oleh bandar untuk melakukan perlawanan saat akan ditangkap.

“Itu situasi yang sulit bagi anggota kami. Banyak anggota polri yang pernah direbut pistolnya oleh para bandar untuk melakukan perlawanan. Makanya dia menembak ke bawah,” tambah Dicky.

Terkait peluru mengenai tersangka atau tidak, Dicky menjelaskan pistol ditembakan ke bawah sebagai peringatan. Peluru memantul mengenai kaki tersangka bandar narkoba yang akan diamankan.

Terkait kaki tersangka yang tak tampak berdarah terkena tembakan, beredar informasi yang menyebut polisi menembakan peluru hampa ke arah tersangka. Meski demikian, informasi itu belum terkonfirmasi.

Tokopedia