Gaung Harapan & Doa untuk Buruh

Ilustrasi demo buruh saat May Day, 1 Mei. (Antara/Yudhi Mahatma)
01 Mei 2018 18:20 WIB Muhammad Rizal Fikri Viral Share :

Solopos.com, SOLO – Tanggal satu Mei selalu diperingati sebagai Hari Buruh Internasional. Hari Buruh yang juga dikenal dengan sebutan May Day identik dengan gerakan unjuk rasa damai menuntut perbaikan sistem kerja. Topik yang diangkat buruh yang berunjuk rasa bisa berbeda-beda, tergantung kondisi daerah dan tempat unjuk rasa.

Dilansir Liputan6.com, Selasa, kurang lebih 150.000 buruh memadati beberapa lokasi di DKI Jakarta. Para buruh menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Negara.

Selain ramai di jalanan, peringatan Hari Buruh Internasional juga ramai di media sosial. Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Selasa pukul 11.20 WIB, daftar trending topic Twitter wilayah Indonesia dikuasai dengan tagar dan frasa tentang Hari Buruh Internasional. #MayDay, Selamat Hari Buruh, #HariBuruh, dan 1 Mei bertengger di daftar 10 besar trending topic.

Selain masuk di daftar trending topic Twitter, Hari Buruh Internasional juga mengundang ucapan dari beberapa tokoh populer di Indonesia. Salah satunya Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memberi ucapan selamat dengan mengajak para buruh bersatu membangun Indonesia.

“Selamat Hari Buruh Internasional, May Day (1 mei 2018). Bersatu kita bangun Indoensia,” cuit @jokowi.

Selain Jokowi, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri juga mencuitkan ucapan. “Membangun Indonesia sejahtera adalah bagian dari kerja keras kita semua & kita bagian tak terlepaskan dari tujuan mulia itu. Saling bahu membahu bersama-sama bekerja dalam peran masing-masing untuk berkibarnya sang merah putih dalam mewujudkan pembangunan Indonesia. Selamat Hari Buruh,” cuit @BudiKaryaS.

“Mayday. Selamat Hari Buruh Internasional 1 Mei 2018. Mari rayakan dengan penuh sukacita,” cuit @hanifdhakiri.

Akun Twitter Bank Indonesia mengucapkan selamat dengan cara menyoroti para buruh adalah pahlawan ekonomi. Tanpa buruh, roda ekonomi tak akan berjalan. “Mereka adalah pahlawan ekonomi Tanpa mereka, roda ekonomi tak akan berjalan. Selamat hari Buruh. Panjang umur para pekerja keras!” cuit @bank_indonesia.

Tokopedia