Perhatikan! Kalori Ais Kepal Milo Lebih Tinggi dari Nasi Padang

Ais kepal Milo (Pictagram)
03 Mei 2018 00:45 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, SOLO – Sudah mecicipi kesegaran ais kepal milo? Minuman yang satu ini tengah ramai diburu para pencinta kuliner Tanah Air. Minuman yang dibuat dari es serut yang diberi saus cokelat dan milo bubuk ini sebenarnya berasal dari Malaysia. Tapi, belakangan minuman segar itu mulai digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Sebenarnya apa keistimewaan minuman segar ini?

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, ais kepal milo merupakan salah satu penganan yang banyak dijual dalam acara Solo Indonesia Culinary Festival 2018, April 2018 lalu. Minuman segar yang satu ini dijual mulai Rp10.000-Rp20.000 per porsi. Ais kepal milo dibuat dari es serut yang diberi saus milo kental dan dilengkapi berbagai topping. Es batu yang diserut kasar itu dikepal membentuk bulatan besar sebelum disiram saus.

Adapun saus cokelat yang dipakai untuk memberi rasa pada ais kepal milo ini dibuat dari campuran susu kental manis vanila, cokelat bubuk, dan susu bubuk milo. Ketiga bahan ini dicampur menggunakan mixer. Saus ini kemudian tuangkan di atas es batu serut yang telah dikepal.

Agar rasa ais kepal milo lebih kuat, biasanya si pedagang akan menambahkan susu bubuk milo di atas saus cokelat. Selanjutnya, berbagai topping mulai dari kacang sangrai, remahan biskuit, hingga chocco chip ditaburkan. Meski enak dan segar, ternyata minuman yang satu ini tinggi kalori. Kabarnya, jumlah kalori yang ada dalam minuman ini setara dengan seporsi nasi padang dengan lauk ayam bakar dan semangkuk bakso.

"Kalori es kepal milo. Sama kayak makan nasi padang pakai ayam bakar lanjut bakso semangkuk. Serem amat kak," ungkap Aliya Musafa.

Jumlah kalori ais kepal milo yang sangat tinggi itu diungkapkan oleh pemilik akun Twitter @aliyamusafa. Dalam cuitannya, Senin (304/2018), Aliya mengunggah info grafis soal kalori seporsi ais kepal milo yang berjumlah 926 kalori. Adapun total kalori tersebut berasal dari susu bubuk milo (395 kalori per lima sendok makan), cokelat bubuk (45 kalori per satu sendok makan), susu kental manis (296 kalori per 90 gram), dan kacang (190 kalori per dua sendok makan).

Total kalori seporsi ais kepal milo itu tentu harus diperhatikan oleh pelaku diet. Jangan sampai diet yang dijalankan selama ini gagal hanya karena tergiur kesegaran ais kepal milo. Seporsi nasi padang normalnya mengandung sekitar 644 kalori. Sementara total kalori dalam semangkuk bakso sekitar 325 kalori. Tak berbeda jauh dengan jumlah kalori ais kepal milo bukan?

Fakta soal ais kepal milo yang disampaikan melalui cuitan Aliya Musafa mendapatkan beragam respons dari warganet. Mereka tampak terkejut melihat jumlah kalori dalam ais kepal milo yang sedang menjadi primadona. Namun, tak sedikit pula orang yang mengaku enggan mencoba setelah mencicipi rasa ais kepal milo yang sangat manis.

"Gue milih nasi padang ayam bakar dan bakwan malang semakuk," komentar @ini_liny.

"Enggak minat juga buat coba. Serem gulanya banyak banget," sambung @dinaaseptia.

"Padahal baru sebentar makan ais kepal milo. Beberapa jam kemudian sudah lapar lagi, ya ampun," imbuh @emha_gzli.

Sebelumnya, ada pula seorang pria asal Penang, Malaysia, Hanafi, yang harus operasi sinus karena terlalu banyak mengonsumsi ais kepal milo. Hanafi merupakan salah satu orang yang kecanduan ais kepal milo. Setelah menjalani operasi, dia diminta menghindari makanan tinggi gula, seperti ais kepal milo kesukaannya.

Tokopedia