Konvoi Lulusan SMA di Solo Bikin Ngelus Dada

Polres Boyolali menilang kendaraan siswa saat hendak berkonvoi merayakan hari kelulusan, Kamis (3/5 - 2018) di Pombensin Kemiri, Mojosongo, Boyolali. (Solopos - Akhmad Ludiyanto)
03 Mei 2018 19:35 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

 Solopos.com, SOLO – Pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) adalah hal yang paling ditunggu oleh siswa tingkat akhir, khususnya SMA. Saking bahagianya, para pelajar SMA ini sampai melakukan konvoi untuk merayakan kelulusan mereka.

Sayang, konvoi ini biasanya menimbulkan sederet masalah dan membuat prihatin banyak orang, seperti terlihat di jalanan kawasan Kranggan, Makamhaji, Kartasura, Kamis (3/5/2018), sore pukul 16.00 WIB. Selang beberapa saat setelah hasil UN diumumkan, tampak sejumlah pelajar SMA mengendarai sepeda motor memadati jalan raya.

Ironisnya, para pelajar SMA yang berkonvoi itu mengabaikan keselamatan berkendara karena terlihat tidak mengenakan helm. Dalam foto yang diunggah akun Instagram @ics_infocegatansolo, tampak sekolompok pelajar SMA berkonvoi dengan seragam yang sudah dicorat-coret dengan cat semprot warna-warni.

Kelakuan pelajar SMA yang berkonvoi itu membuat warganet prihatin. Mereka menyayangkan tindakan para pelajar yang selalu berkonvoi setiap kali selesai ujian. Maklum, konvoi ini merupakan kegiatan yang selalu dilakukan oleh para pelajar di setiap tahunnya seusai menerima pengumuman kelulusan hasil UN.

"Kami yang dilewati sampai kebrebegen (terganggu karena suara bising). Padahal baru rapat RAT koperasi. Sampai nunggu bisingnya lewat. Wah, anak-anak itu tidak mengerti kalau mengganggu aktivitas orang lain," komentar @sriyati_suharto.

"Itu dulu seragamnya beli pakai uang, bukan daun. Hasil kerja keras keringat orang tuamu. Kamu tinggal pakai sekarang di-coret2 kek gitu. Belum ngrasain susahnya cari uang ya," sambung @sitiii_sitol prihatin.

"Apanya yang dirayakan? Kan kalau SMA memang lulus semua?" tanya @bertaistu penasaran.

"Orang berpendidikan, tapi lulusnya tidak mencerminkan kalau berpendidikan," imbuh @muhsyamsuri_24.

"Mau sampai kapan sih konvoi kelulusan di Indonesia ini ada? Miris sekali melihat generasi penerus yang suka hura-hura seperti ini. Bersyukur tidak sepantasnya dengan cara begini," lanjut @putri_inf.