Mogok Kerja, Sopir Bus di Jepang Gratiskan Biaya Perjalanan Penumpang

Kisah viral bus di Jepang gratiskan biaya perjalanan penumpang. (Istimewa - Twitter)
05 Mei 2018 05:45 WIB Jafar Sodiq Assegaf Viral Share :

Solopos.com, OKAYAMA - Penumpang terlantar, sudah menjadi pemandangan biasa sebagai dampak dari aksi mogok sopir bus di Tanah Air. Beda dengan sopir bus di Okayama, Jepang, yang bekerja dengan perusahaan Ryobi Group, mereka justru menggratiskan biaya perjalanan penumpang.

Dilansir Japan Today, Rabu (2/5/2018), aksi demo ini dilakukan atas hadirnya pesaing operator bus baru dari Megurin. Keluhan utama mereka karena bus Megurin beroperasi melewati jalur yang sama, namun dengan tarif yang lebih murah dibandingkan dengan bus Ryobi. Tak hanya itu, bus milik Megurin pun memiliki tampilan yang lebih menarik.

Kehadiran bus Megurin yang beroperasi pada 27 April lalu ini membuat sopir bus Ryobi merasa terancam. Aksi demo tersebut dengan tujuan agar perusahaan merasa rugi secara materi karena tidak adanya pemasukan.

Rencananya, mereka akan melanjutkan aksi demo seperti ini hingga pihak perusahaan menemukan solusi agar mereka dapat bersaing secara adil.

Beberapa masyarakat lokal merasa jika para sopir mogok bekerja, hal itu dinilai egois karena mengabaikan kebutuhan warga. Karena alasan itu, para sopir bus Ryobi tetap beroperasi dengan menggratiskan biaya antar penumpangnya.

Kejadian ini diberitakan oleh stasiun TV lokal dan diabadikan kembali oleh seorang pengguna Twitter @mipourako dalam sebuah foto. Hingga kini postingannya dibagikan sebanyak 12 ribu kali.

"Aksi demo dari bus Okayama ini adalah aksi yang luar biasa dimana penumpang tidak dipungut biaya, mereka hanya ingin menyampaikan 'pesan' kepada pihak manajemen," tulisnya.