Kisah Inspiratif: Mahasiswi UGM Jadi Duta Besar Denmark Untuk Indonesia

Cecilia bersama Duta Besar Denmark untuk Indonesia Rasmus Abildgaard Kristensen (Twitter)
09 Mei 2018 06:45 WIB Muhammad Rizal Fikri Viral Share :

Solopos.com, JAKARTA – Kisah inspiratif kali ini diambil dari pengalaman seorang mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM). Mahasiswi bernama Rudang Cecilia Pinem itu berkesempatan selama sehari menjadi Duta Besar Denmark untuk Indonesia.

Kabar menginspirasi itu dicuitkan oleh Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Rasmus Abildgaard Kristensen melalui akun Twitter @DubesDenmark, Selasa (8/5/2018).
“Dengan bangga saya menerima Nona Rudang Cecilia Pinem. Mahasiswa hukum UGM yang memenangkan kompetisi #Ambassador1Day. Satu hari ini Cecilia akan menggantikan saya di semua agenda diplomatik,” cuit Rasmus.

Dilansir Antaranews.com, Selasa, Ambassador One Day tahun ini merupakan kali kelima diselenggarakan. Acara tahunan ini terselengagra berkat kerja sama Kedutaan Besar Denmark di Jakarta dan The Habibie Center.

Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan ketertarikan anak muda indonesia untuk mempelajari dunia diplomasi dan politik internasional serta kerja sama bilateral Indonesia dan Denmark.

Cecilia menulis esai tentang potensi kerja sama Indonesia dan Denmark dalam mengatasi tantangan global tentang antikorupsi. Esai tersebut membuat Cecilia mengungguli lebih dari 500 pengirim esai dari berbagai universitas di Indonesia.

Di akun Twitter, Rasmus mengunggah beberapa kegiatanya hari ini yang digantikan oleh Cecilia. Kegiatan pertama adalah Cecilia menjadi pembicara di sebuah seminar yang melibatkan beberapa perusahaan swasta. Cecilia membahas tentang generasi muda dan teknologi terbarukan di Indonesia.

Di kegiatan kedua Cecilia menjadi pembicara di Universitas Podomoro, Jakarta. Ia membicarakan tentang teknologi dan generasi muda di Indonesia. Di kegiatan ketiga Cecilia menjadi wakil ketua rapat antara Pemerintah Denmark dan Indonesia dalam pembahasan kegiatan memperbaiki kondisi lingkungan hidup.

Sebagai pemenang Ambassador One Day, Cecilia tak hanya menjadi duta besar selama satu hari. Dia juga berkesempatan melakukan studi selama satu pekan di Copenhagen, Denmark. Kunjungan studi itu akan dilakukan di semester II 2018.

Di Copenhagen Cecilia akan dipertemukan dengan pejabat Kementerian Luar Negeri Denmark, Kedutaan Besar RI di Copenhagen, dan institusi terkait lainnya termasuk organisasi internasional dan pemuda, serta universitas.

 

Ramadan Ekstra - Promo Belanja Kebutuhan Lebaran 2018 - Tokopedia