Video Viral: Sibuk Masak, Pendaki Berhamburan Saat Merapi Erupsi

Capture video momen/momen awal erupsi Merapi (Facebook)
11 Mei 2018 16:45 WIB Muhammad Rizal Fikri Viral Share :

Solopos.com, SOLO – Gunung Merapi mengalami erupsi Jumat (11/5/2018) pagi pukul 07.43 WIB. Tak lama setelah peristiwa itu viral video yang merekam peristiwa tersebut. Bahkan ada rekaman jarak dekat yang diabadikan oleh pendaki yang sedang berada takjauh dari puncak Merapi.

Berdasarkan laporan dari Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), erupsi pada pukul 07.43 WIB terjadi dengan durasi kegempaan 5 menit. Erupsi bersifat freatik sehingga didominasi uap air. Pusdalops PB DIY menyatakan tidak ada erupsi susulan.

Ramadan Ekstra - Promo Belanja Kebutuhan Lebaran 2018 - Tokopedia

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Jumat (11/5/2018), banyak beredar video amatir yang mengabadikan momen erupsi Merapi. Salah satunya diunggah pengguna akun Facebook Ayuk Santikah Ayuk di grup Facebook Boykot #1 Boyolali. Video yang beredar ada yang berjarak jauh dari gunung, hingga video yang diambil pendaki tepat di bawah puncak Merapi. 

 

Dalam video yang diduga diambil salah satu pendaki itu tampak suasana sebelum erupsi tak ada tanda-tanda akan terjadi bencana. Bahkan terekam para pendaki masih sibuk memasak. Tiba-tiba terjadi erupsi dan membuat para pendaki panik berhamburan menjauhi kawah atau menuruni gunung. Video-video tersebut mengundang komentar dari warganet, ada yang ketakutan dan ada yang memberi komentar harapan agar tidak jatuh korban jiwa.

“Semoga semua selamat dan tidak terjadi apa-apa,” tulis Harits Abdulrahman.

“Hati-hati sobat, semoga selamat sampai bawah,” tulis Sambel Belut Tegalmas

“Semoga semua dalam lindungan Allah SWT,” tulis Wahyuningsih Ayu