Ambulans Buang Jenazah ke Semak Belukar? Ini Faktanya

Dua pria seolah/olah hendak membuang jenazah (Facebook)
28 Mei 2018 10:00 WIB Muhammad Rizal Fikri Viral Share :

Solopos.com, JAKARTA – Kabar mengejutkan belum lama ini beredar di media sosial (medsos). Dalam kabar tersebut diunggah foto-foto ambulans dan beberapa orang yang tampak mengurus jenazah di sebuah area penuh semak belukar. Tanpa keterangan yang jelas, unggahan di medsos menyebut aktivitas itu membuang jenazah.

Dilansir Okezone.com, Sabtu (26/5/2018), kabar pembuangan jenazah itu hoaks alias tidak benar. Salah satu unggahan yang menyebut ada tindakan pembuangan jenazah ada di akun Facebook Mass Macil. Foto dan informasi salah itu diunggah pada Jumat (25/5/2018).

“Kasihan banget, mayat dibuang,” tulis Mass Cacil.

Dalam unggahan tersebut disertakan foto beberapa pria yang tampak mengurusi seorang jenazah. Foto diambil dari jarak yang cukup jauh sehingga mengesankan kedua pria membuang jenazah di semak belukar.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Pemakaman Provinsi DKI Jakarta, Siti Hasni, membantah ada aksi membuang jenazah. Siti menjelaskan foto yang beredar itu adalah momen-momen saat petugas Dinas Pemakaman mengurus jenazah orang tak mampu.

“Itu hal yang tidak mungkin [dibuang]. Saya sudah konfirmasi ke anak buah di Palang Hitam. Jenazah orang tak mampu itu dimakamkan sesuai prosedur dan syariat,” tegas Siti seperti dikutip Okezone.com.

Siti menambahkan, jenazah tersebut dimakamkan di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat. Adapun dalam foto tampak daerah masih penuh semak belukar, karena itu lahan baru di TPU yang belum sempat dibersihkan.

“Itu belum sempat dibersihkan, namun kondisi memaksa untuk tetap dipakai,” tambah Siti.

Siti juga menduga foto tersebut bukan foto baru. Karena kondisi sekarang ini di lahan baru TPU Tegal Alur sudah dibersihkan dan bebas dari semak belukar.

“Itu memang lokasi yang ditunjuk untuk orang tak mampu. Sekarang sudah dibersihkan. Sepertinya foto yang viral itu diambil sudah lama. Memang kesannya seperti jenazah dibuang. Tapi sebenarnya sudah sesuai prosedur,” tutup Siti.