Penghasilan Sabyan Gambus di Youtube Diprediksi Lebih Tinggi dari Presiden

Sabyan Gambus (Instagram)
31 Mei 2018 15:30 WIB Muhammad Rizal Fikri Viral Share :

Solopos.com, JAKARTA – Di momen-momen Ramadan tahun ini muncul idola baru yang kerap melantunkan lagu-lagu selawat berbahasa Arab dengan sentuhan musik pop modern. Grup musik bernama Sabyan Gambus ini membius warganet Indonesia. Berhari-hari menguasai trending Youtube. Kira-kira, berapa ya penghasilan grup tersebut dari Youtube?

Sabyan Gambus merupakan grup musik asal Jakarta yang terdiri dari enam personel. Dua personel perempuan adalah vokalis, yaitu Khorunissa dan Anisa Rahman. Kemudian ada Ayus sebagai pianis, Wawan dan Kamal pemain gendang, dan Tebe memainkan biola.

Fenomena popularitas Sabyan Gambus ini cukup menakjubkan. Grup tersebut memiliki dua akun Youtube ofisial, akun utamanya bernama Official Sabyan Gambus yang diisi video cover dan single orisinal Sabyan Gambus. Akun kedua bernama Sabyan Channel yang berisi kegiatan grup Sabyan.

Berdasarkan pantauan mata Solopos.com, Kamis (31/5/2018) akun Official Sabyan Gambus sudah memiliki subscriber lebih dari 1,7 juta sedangkan akun Sabyan Channel memiliki subscriber sekitar 166.000.

Akun Official Sabyan Gambus dibuat pada 3 Januari 2016. Berdasarkan statistik yang dicatat laman Socialblade.com, kurang lebih 1.036.000 subscriber berlangganan dalam kurun satu bulan terakhir. Jumlah tayangan video di akun tersebut hingga Kamis sudah mencapai 309 juta dengan 162 juta tayangan didapat dalam kurun satu bulan terakhir. Tercatat hingga Kamis siang, statistik tersebut didapat dengan menggunggah hanya delapan video.

Akun Sabyan Channel terbilang baru, dibuat pada 2 Januari 2018. Dalam keterangannya, saluran tersebut adalah saluran kedua yang digunakan untuk mengabadikan kegiatan Sabyan saat konser. Akun yang juga berisi vlog kegiatan sehari-hari perseonel Sabyan ini tak bisa dipandang sebelah mata dan juga bisa menjadi lumbung penghasilan.

Dari sekitar 166.000 subscriber sekitar 103.000 berlangganan dalam kurun 30 hari terakhir. Hal itu menunjukkan peningkatan 300% dari bulan sebelumnya. Akun tersebut hingga Kamis siang sudah mencatat sekitar 13 juta tayangan video.

Tak hanya mencatat statistik penayangan dan jumlah subscriber, laman Socialblade.com juga memperkirakan penghasilan bulanan dan tahunan sebuah akun Youtube yang di-monetize. Akun Official Sabyan Gambus diperkirakan mampu mendulang penghasilan bulanan mulai dari US$40.600 hingga US$649.700. Diambil perkiraan terendah, akun tersebut mampu menghasilkan Rp563 jutaan perbulan. Dalam kurun satu tahun, perkiraan penghasilan terendah adalah US$487.300 atau sekitar Rp6,7 miliar.

Untuk akun Sabyan Channel, diperkirakan setiap bulannya mampu menghasilkan mulai dari US$2.400 hingga US$37.800. Sekali lagi, diambil perkiraan terendah, maka dari video-video kegiatan sehari-hari Sabyan bisa menghasilkan paling tidak Rp33 juta per bulan. Sedangkan selama satu tahun diperkirakan bisa menghasilkan minimal US$28.400 atau sekitar Rp393 juta.

Jika perkiraan ini tepat, berarti penghasilan Sabyan Gambus dari Youtube saja sudah melebihi penghasilan pejabat tinggi negara, termasuk Presiden RI. Saat ini, penghasilan Presiden RI hanya mencapai Rp62.740.030/ bulan. Bahkan, angka itu juga lebih tinggi daripada pendapatan yang akan diterima Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri senilai Rp112.548.000 setiap bulannya berdasarkan Perpres No 42/2018.

Tokopedia