Video Erupsi Merapi Jumat Pagi

Erupsi Gunung Merapi (Instagram)
01 Juni 2018 16:00 WIB Muhammad Rizal Fikri Viral Share :

Solopos.com, SOLO – Gunung Merapi kembali meletus pada Jumat (1/6/2018) pagi. Video amatir yang viral di media sosial merekam kepulan awan vulkanik yang membumbung tinggi.

Berdasarkan cuitan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) lewat akun Twitter, @BPPTKG, letusan terjadi pukul 08.20 WIB dengan tinggi asap 7.000 meter ke arah barat laut. Dalam informasi lanjutan, BPPTKG menyebut letusan terjadi selama dua menit dan tinggi kolom 6.000 meter arah barat laut. Data tersebut dipantau dari Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Jrakah.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Jumat (1/6/2018), di akun Instagram @jogja_ig diunggah video yang mengabadikan kepulan asap Merapi. Video tersebut diambil dari PGM Jrakah. Dalam unggahan tersebut ada dua video, yang pertama diunggah oleh @arjunamerbabu3142mdpl dan video kedua diunggah @febriacs.

Dalam video yang hanya berjarak beberapa kilometer itu tampak jelas asap vulkanik Gunung Merapi yang membumbung tinggi. Asap berwarna putih keabu-abuan. Lihat videonya di bawah ini: