Ngeri! Jembatan Penyeberangan Kartasura Berkarat dan Berlubang

Ilustrasi jembabatan penyeberangan di Solo (Solopos/Dok)
21 Juni 2018 20:05 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, SOLO – Fasilitas jembatan penyeberangan sudah jarang dipakai bahkan mulai dilupakan. Kebanyakan orang memilih langsung menyeberang dengan menghentikan laju pengendara kendaraan bermotor ketimbang melintasi jembatan penyeberangan. Alhasil, banyak jembatan penyeberangan yang kondisinya sangat memprihatinkan akibat tak terawat.

Salah satu kondisi jembatan penyeberangan yang tak layak pakai itu terlihat di kawasan Kartasura, Sukoharjo. Kondisi jembatan penyeberangan di Kartasura itu diperlihatkan lewat video viral yang diunggah akun Instagram @ics_infocegatansolo. Video itu berisi rekaman kondisi jembatan penyeberangan yang cukup mengkhawatirkan jika dilewati. Sebab, bantalan besi sebagai dasar jembatan sudah berkarat dan banyak yang berlubang.

"Kondisi jembatan penyeberangan orang di Kartasura. Sudah pernah lewat sini? Peringatan, khusus untuk yang bobotnya di bawah 70 kilogram. Kalau gemuk mending jangan lewat sini," tulis pengelola akun @ics_infocegatansolo sebagai keterangan video yang diunggah, Rabu (20/6/2018).

Warganet yang melihat video viral itu merasa sangat prihatin. Menurut mereka, hampir semua jembatan penyeberangan dalam kondisi tidak terawat karena jarang dipakai. Bahkan, ada beberapa jembatan penyeberangan yang tak lagi berfungsi karena bangunannya rapuh.

"Semua jembatan di Indonesia jarang ada perbaikan. Kalau sudah ambrol baru bikin lagi. Itu pun lama," komentar @gendroow.

"Pernah mau naik menyeberang lewat situ. Tapi, karena berkarat akhirnya enggak jadi. Mending lewat bawah saja," sambung @faliandi.andaru.

"Jembatannya ada di atas kiosku. Sebelum Lebaran ada orang yang lewat situ, kejeglong kakinya berdarah. Untung enggak jatuh. Harap hati-hati buat semua yang lewat situ," tutur @topan_flower_solo.