Video Viral: Ngeyel Lewat Jalur Transjakarta? Ini Hasilnya

Sejumlah pengendara sepeda motor berusaha keluar dari jalur Transjakarta demi menghindari razia polisi, Rabu (1/7 - 2018) pagi. (Instagram/@merieland)
12 Juli 2018 07:00 WIB Ginanjar Saputra Viral Share :

Solopos.com, JAKARTA — Salah satu alat transportasi umum di kawasan DKI Jakarta berupa bus Transjakarta memang memiliki jalur khusus yang disebut busway. Meski jalur tersebut tak boleh dilalui kendaraan selain bus Transjakarta, masih saja banyak yang nekat melintasinya.

Di medis soaial, video terkait pelanggaran lalu lintas itu menjadi viral setelah diunggah pengguna akun Instagram @merieland dan di-repost di akun Instagram @jktinfo, Rabu (11/7/2018). Pengguna akun Instagram @merieland menjelaskan vide tersebut direkam Rabu (11/7/2018) pag, namun tak menjelaskan lokasi secara terperinci.

Berdasarkan video yang diunggah, tampak sejumlah pengendara sepeda motor nekat membuka pembatas jalan demi keluar dari jalur Transjakarta. Pasalnya, pengendara sepeda motor itu menyadari ada polisi yang sedang melakukan razia terhadap pengguna jalur Transjakarta di depan mereka.

 

A post shared by Mery Mery (@merieland) on Jul 10, 2018 at 6:52pm PDT

Para pengendara sepeda motor bahkan disebut tak segan menabrak petugas Transjakarta yang berusaha menertiban mereka. "Saking paniknya, petugas busway ditabrak pakai motor sama salah satu pengemudi motor. Ada lagi ibu-ibu atau mbak-mbak pas sudah pada ketangkap doi balik arah nyelinep di antara busway sama jembatan. Nabrak body Transjakarta gitu," ungkap pengguna akun Instagram @merieland.

Sedangkan di akun Instagram @polantasindonesia, juga beredar video pelanggaran lalu lintas serupa namun beda tempat. Pengelola akun Instagram tersebut menjelaskan ada sejumlah pengendara sepeda motor di kawasan Taman Kota, Jakarta Barat nekat mengangkat sepeda motor mereka demi keluar dari busway dan terhindar dari razia polisi.

"Pengendara sepeda motor melawan arah di jalur Transjakarta ruas Taman Kota, Jakarta Barat. Mereka melawan arah karena menghindari petugas kepolisian," begitu penjelasan yang dibeberkan.

Sontak aksi pengendara sepeda motor yang kemudian menjadi viral itu ramai disorot netizen. Tak sedikit yang merasa heran dengan kejadian yang sudah berulang kali terjadi dan seakan-akan tak ada hentinya itu. "Wkwkkww susah payah kerja cari duit buat beli kendaraan pribadi, modal bisa ngendarain doang. Enggak punya modal tahu peraturan berkendara," ungkap pengguna akun Instagram @gregbionde.

"Ga ada otaknya. Ngerugiin banyak orang di dalam bus," timpal pengguna akun Instagram @ivankicuk.

Terlepas dari video viral tersebut, penggunaan kendaraan di jalur Transjakarta memang tak bisa dibenarkan. Berdasarkan Pasal 90 ayat (1) Peraturan Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta No. 5 / 2014 Tentang Transportasi, kendaraan bermotor selain bus angkutan umum berbasis jalan dilarang menggunakan lajur atau jalur khusus angkutan umum massal berbasis jalan.

Tokopedia