Klarifikasi Ustaz Hanan Attaki Soal Wanita Salihah Berbobot 55 Kilogram

Ustaz Hanan Attaki (Youtube)
24 Juli 2018 14:30 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, SOLO – Nama Hanan Attaki mendadak terkenal berkat video ceramahnya yang viral di Youtube. Ustaz gaul kelahiran Aceh, 31 Desember 1981, itu digemari karena ceramahnya yang segar dan kekinian. Namun, belum lama ini ceramahnya tentang kriteria wanita salihah menuai kontroversi.

Dalam video viral di Youtube, Ustaz Hanan Attaki menjelaskan seorang wanita salihah bobotnya tak lebih dari 55 kilogram. Pernyataan tersebut langsung mendapat beragam tanggapan dari warganet karena menimbulkan kebingungan.

Tak ingin memperpanjang masalah, Ustaz Hanan Attaki memberikan penjelasan lewat video yang diunggah di saluran Youtube pribadinya, Jumat (20/7/2018). Dia sengaja melontarkan pernyataan itu dengan maksud memberikan pemahaman yang mudah kepada kaum muda. "Wanita salihah itu berat badannya 55 kilogram. Kalau yang lebih berarti kelewat salihah," katanya. 

Selanjutnya, dai lulusan Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir, itu menjelaskan semua hal yang disampaikannya bertujuan agar anak-anak muda lebih mudah memahami Alquran dan hadis. Termasuk soal penjelasannya tentang ciri-ciri wanita salihah yang memiliki berat badan 55 kilogram. Pernyataan ini dilandaskan kepada istri Nabi Muhammad yakni Aisyah yang dijadikan sebagai objek pembahasan.

Dalam suatu riwayat, Aisyah pernah melakukan lomba lari dengan Nabi Muhammad. Dalam lomba pertama, Aisyah menang karena berat badannya lebih ringan. Namun, pada kesempatan selanjutnya Aisyah kalah karena berat badannya bertambah.

Ustaz Hanan Attaki menambahkan, salah satu ciri wanita salihah idealnya adalah menjaga bentuk tubuh untuk menyenangkan suaminya, seperti tergambar pada sosok Aisyah. Sampai ada suatu riwayat yang menyebutkan Aisyah tertinggal ketika diajak melakukan perjalanan bersama Rasulullah karena pembawa tandu tidak sadar bahwa mereka membawa tandu kosong. Mereka merasa berat tandu tersebut tidak berubah baik Aisyah ada di dalamnya maupun tidak. Sebab, Aisyah memiliki ciri fisik tinggi, langsing, dan cantik jelita.

"Inilah yang menginspirasi saya untuk memotivasi teman-teman akhwat agar menjaga fisik meski bukan satu-satunya ciri-ciri salihah dan sesuatu yang perlu terlalu di-seriusin. Bahwa menjaga fisik untuk suami itu ibadah. Berolahraga itu ibadah. Salah satu ciri wanita salihah beratnya 55 kilogram ini adalah bahasa kiasan. Mungkin kita perlu mempelajari bahwa ada bahasa Alquran yang disebut dengan majas. Jadi, bahasa yang dipelajari dalam tafsir Alquran saya pakai dalam bahasa dakwah," terang Ustaz Hanan Attaki.

"Saya mengajak kita semua agar lebih cerdas dalam Islam. Karena Islam ini teks agama dalam Alquran dan hadis bukan sederhana, tapi istimewa sehingga enggak bisa dipahami dengan ilmu kita yang terbatas," tegasnya.