Guru Nining Beri Seragam Gratis ke Murid, Alasannya Menguras Air Mata

Nining memberikan seragam gratis kepada muridnya di SDN 1 Ulunggolaka, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. (Facebook/Yuni Rusmini)
24 Juli 2018 19:25 WIB Ginanjar Saputra Viral Share :

Solopos.com, KOLAKA — Nining, seorang guru di SDN 1 Ulunggolaka, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara mendadak viral berkat kisah inspiratif yang ia torehkan. Nining dikabarkan memberikan seragam dan perlengkapan sekolah secara gratis kepada muridnya yang membutuhkan.

Proses pemberian perlengkapan sekolah oleh Nining kepada murid-muridnya itu pun terekam mata lensa kamera dan menyebar luas di Facebook. Berdasarkan video yang diunggah di akun Instgram Yuni Rusmini, Sabtu (21/7/2018) lalu, Nining memang memberikan seragam dan peralatan sekolah lain kepada sejumlah murid.

Tokopedia

Tindakan itu dilakukan Nining karena lokasi tempat tinggal murid-muridnya yang jauh dari pusat kota membuat mereka sulit mendapatkan perlengkapan sekolah, termasuk seragam. "Bu guru ini tidak tega ketika melihat beberapa muridnya tidak bersepatu dan berseragam. Mereka anak-anak yang tinggal di daerah gunung, jauh dari kota dan kehidupannya juga memprihatinkan. Untuk sekolah saja, mereka sudah susah, apa lagi untuk beli seragam dan sepatu," tulis pengguna akun Facebook Yuni Rusmini.

Dijelaskan pula tindakan Nining itu memang muncul dari hati nuraninya yang terketuk melihat kesusahan yang dialami muridnya. Selain itu, pemberian seragam dan perlengkapan sekolah gratis itu bermaksud membuat para murid lebih semangat dalam menempuh pendidikan.

Tak pelak kisah inspiratif yang ditorehkan Nining itu menyita perhatian netizen yang mengaku merasa terenyuh. Tak sedikit pula yang mengaku meneteskan air mata mengetahui tindakan mulia Nining tersebut. "Ya Allah mulia sekali hati bu guru ini sampai nangis saya menyimak dan baca," ungkap pengguna akun Facebook Siti Fatimah Az-Zahra.

"Semoga senantiasa diperlancar rezekinya oleh Allah, aaamin," timpal pengguna akun Facebook Mira Wati Ibnuhajar.

"Bu guru yang baik hati berkorban untuk kecerdasan anak bangsa," tulis pengguna akun Facebook Ratna Elen Mahmud.

Kisah insppiratif itu kini menjadi viral di media sosial setelah dibagikan ratusan kali oleh netizen. Tak sedikit netizen yang berharap kisah inspiratif yang viral itu mampu menjadi contoh bagi para pengajar di seluruh pelosok Nusantara.