Kisah Unik: Ganti Kelamin Demi Bayar Asuransi Mobil

Ilustrasi asuransi mobil (The Economy Times)
28 Juli 2018 21:40 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, SOLO – Mobil merupakan kendaraan mewah yang kini bisa diperoleh dengan harga murah dengan cara kredit. Ya, kredit menjadi alternatif bagi orang yang ingin memiliki mobil tanpa modal besar. Setelah memiliki mobil, biasanya seseorang akan mendaftar asuransi kendaraan.

Asuransi kendaraan itu nantinya bakal melindungi berbagai hal buruk yang mungkin terjadi pada mobil tersebut, seperti kecelakaan. Besaran premi asuransi yang dibayarkan pun beragam, bergantung dengan pilihan. Namun, perbedaan premi asuransi itu sampai membuat seorang pria mengganti kelamin.

Tokopedia

Bukan tanpa alasan, pria bernama David asal Alberta, Kanada, itu mengganti kelamin karena merasa ada diskriminasi pada pembayaran premi asuransi. Sejumlah perusahaan asuransi di Kanada memang mematok premi yang lebih tinggi untuk pria ketimbang wanita. Jumlah premi asuransi tersebut bakal semakin tinggi jika si pria pernah mengalami kecelakaan atau ditilang polisi.

Nah, alasan itulah yang membuat David terkejut dan nekat melakukan operasi kelamin. Dia sangat kaget saat melihat premi asuransi untuk mobil Chevrolet Cruze yang baru dibeli. Dia mengaku pernah terlibat kecelakaan dan beberapa kali ditilang. Oleh sebab itu, dia harus membayar premi asurani mobilnya sekitar US$4.500 atau Rp64 juta. Sementara premi asuransi yang harus dibayarkan seorang wanita dengan kondisi sama hanya sekitar US$3.400 setara Rp48 juta.

"Saya sangat kesal mengetahui perbedaan premi asuransi yang harus dibayarkan pria dan wanita. Perbedaannya jelas sangat jauh," kata David seperti dikutip dari Oddity Central, Sabtu (28/7/2018).

David kemudian mendapat ide untuk mengganti jenis kelamin pada kartu identitasnya. Dia kemudian datang ke dokter untuk mendapatkan surat keterangan ganti kelamin. "Saya hanya ingin disebut sebagai wanita. Saya datang ke dokter untuk mengubah identitas saya," terang David.

Berdasarkan undang-undang di Kanada, seseorang diperbolehkan mengganti kelamin dengan syarat tertentu. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah mendapatkan surat keterangan dari dokter. Hal inilah yang kemudian dilakukan oleh David.

Setelah beberapa pekan menunggu, David akhirnya mendapat surat keterangan yang menyatakan dirinya adalah seorang wanita. Dia pun berhasil mendaftar asuransi kendaraan dan membayar premi sesuai dengan besaran yang ditetapkan kepada wanita. Namun, dia hanya memanfaatkan identitasnya sebagai wanita dalam kondisi tertentu. Dia menegaskan dirinya adalah pria tulen yang kebetulan secara legal mengantongi sertifikat sebagai seorang wanita.