Ngeri! Tantangan Bunuh Diri Momo Challenge Viral

Ilustrasi Momo Challenge. (Istimewa - Youtube)
07 Agustus 2018 04:10 WIB Jafar Sodiq Assegaf Viral Share :

Solopos.com, LOS ANGELES - Momo Challenge, sebuah tantangan untuk melakukan bunuh diri membuat gelisah banyak orang di beberapa negara. Tantangan tak masuk akal ini dilaporkan beredar di berbagai negara sejak beberapa pekan belakangan, termasuk melalui Whatsapp.

Momo adalah nama dari sebuah akun media sosial yang muncul di Whatsapp, Facebook, dan YouTube. Mereka yang pernah memainkannya melaporkan, Momo akan mengirimkan gambar dan permainan kekerasan dan mengancam jika si pemain menolak melakukan instruksi pada game tersebut.

Dilansir The Sun, Senin (6/8/2018), menurut Unit Investigasi Kejahatan Komputer di negara bagian Meksiko, Tabasco, permainan ini menyebar di Facebook.

Para anggota ditantang untuk berkomunikasi dengan nomor yang tidak diketahui. Kemudian, para pemainnya diminta untuk mengirimkan gambar kekerasan ke orang lain dalam aplikasi Whatsapp. Nomor misterius tersebut juga mengancam pemain jika mereka tidak mengikuti hal yang diperintahkan.

Tidak hanya sampai di situ, dalam tantangan juga memungkinkan seseorang untuk ditantang bunuh diri. Pihak berwenang mengatakan itu mirip dengan "game" bunuh diri berbasis media sosial lain yang disebut "Blue Whale" yang terkait dengan ratusan kematian remaja di Rusia.

Lebih lanjut, foto profil yang digunakan nomor misterius atau penantang tersebut pun sangat menyeramkan. Kabarnya gambar tersebut merupakan karya seniman Jepang Midori Hayashi, yang menyerupai seorang wanita bermuka aneh dengan mata menonjol.

Situs bahasa Portugis, Rodrigo Nejm dari LSM Brazil, Safernet, mengatakan kepada BBC News, tidak jelas seberapa meluasnya permainan itu, tetapi mengklaim bahwa itu kemungkinan besar adalah bentuk "umpan" yang digunakan para penjahat untuk mencuri data dan memeras orang di internet.

Paling buruknya, di Argentina terdapat kematian seorang anak berusia 12 tahun yang mengakhiri hidupnya sendiri.