Video Lengkap Detik-Detik Imam Masjid As Syuhada Lanjutkan Salat Saat Gempa

Imam di Masjid As Syuhada, BLK, Jl. Imam Bonjol, Kota Denpasar, Bali yang tetap melanjutkan salat meski gempa bumi mengguncang, Minggu (6/8/2018) malam. (Istimewa/Facebook - Masjid As Syuhada Blk)
07 Agustus 2018 05:10 WIB Ginanjar Saputra/Jafar Sodiq Assegaf Viral Share :

Solopos.com, BALI — Video viral detik-detik Imam Masjid As Syuhada masih meneruskan salat di tengah gempa masih terus diperbincangan netizen.  Imam yang disebut-sebut berasal dari Yaman itu tetap melanjutkan salat di tengah kepanikan sejumlah jamaah yang memilih untuk berhamburan keluar masjid.

Seperti diketahui, gempa bumi berkekuatan 7,0 skala Richter mengguncang wilayah NTB dan terasa hingga Bali dan sebagian Jawa Timur (Jatim), Minggu (5/8/2018). Di balik musibah tersebut, ada kisah inspiratif yang ditorehkan seorang imam salat di salah satu masjid di Bali.

Seorang imam salat di Masjid As Syuhada, BLK, Jl. Imam Bonjol, Kota Denpasar, Bali tetap melanjutkan salatnya meski gempa bumi mengguncang dan membuat bangunan masjid juga bergoyang-goyang. Video yang memuat kisah inspiratif itu disiarkan secara langsung di akun Facebook milik masjid tersebut.

Pada saat gempa bumi mengguncang, beberapa makmum pun berlari keluar masjid meski ada sebagian kecil yang tetap melanjutkan salat. Imam yang melanjutkan salat bersama beberapa orang kemudian membaca Ayat Kursi setelah selesai membaca Surat Al-Fatihah.

Sang imam bahkan sampai mengulang awal ayat Kursi hingga empat kali. Jemaah yang tersisa segera merapatkan shaf kosong. Imam kemudian melanjutkan bacaan salat berjemaah hingga selesai.

Video berdurasi 14 menit 13 detik itu lantas menjadi viral di tengah-tengah sorotan netizen terhadap bencana gempa bumi di Lombok. Banyak yang memuji keputusan imam Masjid As Syuhada, BLK yang melanjutkan salat meski sedang terjadi gempa bumi.

Melihat video ini, netizen mengungkap kekagumannya. Bahkan banyak diantaranya yang mengaku berurai air mata.

"Yaaa Allah... Nangis nih saya... Yaaa Allah. Yaaa Allah. Yaa Allah. Kasih iman sebesar imam ini yaaa Allah. Bahkan lbh besar lagi," demikian penggalan komentar Ustaz Yusuf Mansur di akun Instagram pribadinya.

"subhanallah.. tiap liat video ini pasti saya ikutan nangis," kata Ratna 8054.

"Sungguh kita hidup karna Allah dan akan kembali kepada Allah," tulis netizen lain.

"Karna difikiran imam Dan makmum yg tetap stay adalah kalo pun bangunan nya terjatuh mereka akan meninggal dalam keadaan Husnul khotimah. Sungguh indah meninggal dalam keadaan seperti itu," tulis akun Waryok.