Video Bocah Lomba Makan Kerupuk, Geli atau Prihatin?

Lomba balap karung (Instagram/ics_infocegatansolo)
07 Agustus 2018 22:10 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, SOLO – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia selalu disambut meriah dengan berbagai kegiatan, salah satunya lomba. Berbagai macam lomba unik digelar mulai dari tingkat kampung yang diikuti banyak orang, khususnya anak-anak.

Warga desa biasanya menyambut perayaan HUT ke-73 Indonesia, 17 Agustus 2018, dengan mengadakan kerja bakti dan lomba. Berbagai lomba itu diikuti anak-anak dengan sangat antusias. Seperti terlihat dalam video yang diunggah di akun Instagram @ics_infocegatansolo, Selasa (7/8/2018).

Video viral itu menunjukkan empat anak yang mengikuti lomba balap karung. Anak-anak itu memakai karung yang diikat di bagian leher. Tubuh mereka dimasukkan ke dalam karung dalam posisi jongkok. Nantinya mereka diminta adu cepat melompat ke tujuan dengan posisi tubuh dibungkus karung. Tak ketinggalan, mereka dipakaikan helm untuk menjaga kepala dari kemungkinan terbentur.

Selain balap karung, lomba makan kerupuk juga tidak pernah absen. Video yang diunggah akun @ics_infocegatansolo memperlihatkan pelajar sekolah dasar (SD) yang tampak kesal saat mengikuti lomba tersebut. Betapa tidak, kerupuk itu digantung pada seutas tali yang didesan mirip katrol. Dia harus menaikkan satu kakinya untuk menurunkan kerupuk di dekat mulutnya. Jika kakinya turun ke tanah, maka kerupuk itu akan naik ke atas yang melebihi tinggi badannya.

Perlombaan semacam itu memang umum dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Meski terlihat lucu dan seru, sejumlah netizen merasa kasihan dengan peserta lomba tersebut.

"Lucu sih, tapi kalau dilihat-lihat kasihan juga sama pesertanya. Penyiksaan kalau kayak gini," komentar @diyahhhkur.

"Kasihan banget anak-anak disuruh ikut lomba kayak begitu. Ke sini saja tak kasih kerupuk sekaleng," imbuh @relalala.

"Lucu tapi kasihan lihatnya. Anak-anak pasti kalau disuruh kayak gitu seneng banget. Yang sudah dewasa pasti agak miris lihatnya," lanjut @emhagazali.