Mi Termahal di Dunia Harganya Rp29 Juta, Apa Istimewanya?

Ilustrasi mi (Good Food)
14 Agustus 2018 00:10 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, SOLO – Mi adalah makanan asal tiongkok yang terkenal di berbagai negara di dunia. Meski sangat mudah ditemukan di tempat lain. Rasa mi asli Tiongkok tentu tidak ada duanya. Seperti mi yang dijual di Restoran Niu Gengtian di Shijiazhuang, Hebei, Tiongkok. Satu porsi mi paling mahal di sana dijual seharga 13.800 yuan atau sekitar Rp29 juta. Apa istimewanya?

Dilansir Oddity Central, Senin (13/8/2018), mi termahal di dunia yang diberi nama haozhonghao menjadi buah bibir dan viral di media sosial Tiongkok. Sejumlah wartawan media lokal yang telah mengunjungi Restoran Niu Gengtian menilai rasa mi tersebut sangat lezat. Pemilik restoran itu mengatakan bahwa kuah mi tersebut dibuat dari 12 bahan yang sangat mahal.

Adapun 12 bahan istimewa itu berasal dari langit, tanah, dan laut. Namun, pemilik Restoran Niu Gengtian tidak membahas detail tentang resep rahasianya. Kuah mi tersebut dibuat oleh 12 koki spesial. Pelanggan yang ingin menikmati kelezatan sup ini harus memesan minimal sebulan sebelumnya.

Mi haozhonghao ditambahkan ke menu Restoran Nie Gengtian sekitar enam bulan lalu. Pemilik restoran itu telah menjual empat mangkuk mi termahal di dunia itu. Pada mulanya, sejumlah pelanggan mengira pemilik restoran salah mengetik harga mi tersebut. Sebab, mereka tidak percaya ada mi yang dijual dengan harga semahal itu.

Menanggapi hal tersebut, di pemilik restoran menjelaskan bahwa mi haozhonghao dibuat dengan teknik khusus. Alat masak dan bahan yang dipakai berharga sangat mahal. Jadi, itulah sebabnya mereka menjual makanan tersebut seharga sapi.