Viral Aksi Heroik Pelajar SMP Panjat Tiang Demi Kibarkan Bendera

Video remaja panjat tiang bendera di Atambua, NTT (Instagram/saudringo)
17 Agustus 2018 15:40 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, ATAMBUA – Hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia selalu dibarengi dengan upacara bendera di berbagai sekolah hingga instansi pemerintahan.  Upacara bendera beberapa kali tidak berjalan mulus. Kemungkinan selalu ada kendala yang terjadi di tengah momen khidmat tersebut seperti yang terjadi di Atambua, Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Video viral di media sosial yang diunggah di akun Instagram @saudringo, memperlihatkan aksi heroik seorang siswa SMP di Atambua yang memanjat tiang bendera untuk mengambil bendera yang lepas saat upacara, Jumat (17/8/2018).

Video itu memperlihatkan proses pengibaran bendera merah putih yang sedang berlangsung. Namun, saat bendera hendak dikerek, tali pengaitnya putus dan terlepas dari genggaman si petugas pengibar. Situasi tersebut sempat membuat panik. Namun, dengan sigap salah satu petugas upacara memanjat tiang bendera untuk mengambil tali pengait tersebut.

"Momen mengharukan ini terjadi di Motaain, Belu, Atambua, NTT. Ketika tali bendera terputus, patriot cilik ini merelakan diri memanjat untuk menggapai tali itu. Dia sambungkan dan tentukan sang Saka Merah Putih di perbatasan hari ini dengan seluruh dirinya dia berikan dengan risiko yang tidak kecil. Dia pahlawan, dia perlambang bahwa kita semua bisa jadi pahlawan bagi sesama kita. Tuhan, berkati tanah ini, berkati semua masyarakatnya. Merdeka," tulis @saudringo sebagai keterangan video.

Remaja laki-laki itu memanjat dengan sigap tanpa terlihat takut sedikitpun. Padahal, tindakan yang dilakukan tanpa pengamanan itu jelas sangat membahayakan dirinya. Beruntung, dia berhasil menarik kembali tali pengait bendera itu dan turun dengan selamat.

Warganet yang melihat aksi heroik remaja tersebut tampak ikut terharu. Mereka memberikan pujian atas keberanian remaja tersebut memanjat tiang bendera yang cukup tinggi. "Begini republik kita dibentuk dari semangat dan tindakan ikhlas segenap warganya. Anak ini tidak hanya selamatkan pengibaran bendera, tapi juga wajah bangsa. Mata kami semua yang hadir di upacara basah dibuatnya," komentar @saudringo terharu.

"Anak hebat. Terharu, setiap orang dari anak bangsa bisa membela dengan cara terbaik yang kita bisa demi merah putih tetap berkibar di Bumi Pertiwi," sambung @estiutami.

"Kejadian yang mengharukan dan luar biasa. Melihat pahlawan cilik Motaain menyelamatkan pengibaran sang Saka Merah Putih di tapal batas negeri ini," imbuh @fleurvidya.

"Sangat menginspirasi. Benar-benar mengharukan," puji @all_shoes.