Fakta Foto Viral Anak Punk Mirip Jokowi

Foto viral anak punk mirip Jokowi (Instagram/aganharahap)
25 Agustus 2018 19:40 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, SOLO – Sebuah foto lawas menampilkan seorang pria muda yang disebut-sebut mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) viral di media sosial. Foto itu menunjukkan penampilan kece seorang pemuda mengenakan jaket kulit dengan model rambut acak-acakan ala punk.

Sekilas memang tidak ada yang aneh pada foto tersebut. Namun, sejumlah warganet meyakini jika pemuda dalam foto hitam putih itu tak lain adalah Jokowi. Tak ayal, foto itu langsung viral di media sosial dan menjadi bahan gunjingan netizen.

Melihat ramainya perbincangan tentang foto pemuda misterius tersebut, akhirnya Jokowi angkat bicara. Melalui laman Instagram pribadinya, @jokowi, orang nomor satu di Indonesia itu menegaskan jika pemuda tersebut bukanlah dirinya.

"Sebuah foto buram bergambar anak muda dengan rambut ala punk beredar di media sosial. Entah siapa yang mulai, ada yang menyebut itu Jokowi muda. Saya pastikan itu bukan foto saya," tegas Jokowi melalui keterangan foto yang diunggah, Sabtu (25/8/2018).

Jokowi berkelakar masa mudanya tidak setampan pria dalam foto itu. Dia menceritakan masa mudanya yang diisi dengan berbagai kegiatan seru, seperti mendaki gunung dan bertualang di alam bebas.

"Saya tidak seganteng itu di masa muda, hehehe. Yang sebenarnya, pada usia seperti itu saya lebih senang ke gunung, bertualang di alam brsama kawan-kawan. Kami berjalan ke hutan, tidur di tenda, berbekal ala kadarnya seperti mi instan," sambung Jokowi yang memamerkan foto masa mudanya saat memasak mi instan bersama dua kawannya.

Foto pemuda yang disebut-sebut mirip Jokowi itu telah mengecoh banyak orang. Foto itu kali pertama diunggah oleh pemilik akun Instagram @aganharahap, Rabu (22/8/2018). Melihat unggahan Jokowi yang menjelaskan tentang foto pemuda misterius yang viral, Agan Harahap mengucapkan terima kasih. "Terima kasih sudah menanggapi keisengan saya, pak presiden!" tulis Agan Harahap sambil mengunggah ulang foto Jokowi muda.

Pada awalnya, Agan Harahap tidak menjelaskan dengan detail siapa pemuda misterius dalam foto unggahannya. Dia hanya menerangkan pria itu merupakan salah satu sesepuh punk di Tanah Air yang kini dikenal sebagai kolektor keris.

Agan Harahap menambahkan, pria yang tinggal di Jatinegara, Jakarta Timur, itu sengaja meminta identitasnya dirahasiakan. Dalam kesempatan tersebut, si pria misterius itu menceritakan pergerakan punk di Indonesia.