NASA Rilis Aplikasi VR Buat Intip Fenomena Exoplanet

Ilustrasi Nasa selfie. (Istimewa - Instagram)
26 Agustus 2018 23:45 WIB Jafar Sodiq Assegaf Viral Share :

Solopos.com, WASHINGTON - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah merilis aplikasi selfie dan Exoplanet Excursions VR untuk merayakan ulang tahun ke-15 peluncuran Spitzer Space Telescope NASA.

Seperti namanya, aplikasi selfie NASA akan menghasilkan foto pengguna dalam pakaian antariksa virtual, berpose di depan lokasi kosmik seperti Nebula Orion atau pusat Galaksi Bima Sakti. Setelah memilih latar belakang selfie, pengguna juga dapat membagikannya ke media sosial.

Aplikasi ini juga memberikan informasi tentang sains di balik gambar-gambar latar belakang tersebut. Saat ini, tersedia 30 gambar yang dapat dipilih dan semua gambar itu diambile oleh Spitzer Space Telescope.

Aplikasi selfie ini tersedia secara gratis baik di Android maupun iOS. Selanjutnya, aplikasi Exoplanet Excursions VR memungkinkan para pengguna VR diajak berjalan-berjalan dalam sebuah tur sistem planet TRAPPIST-1.

TRAPPIST-1 sendiri adalah satu-satunya sistem planet ekstrasurya yang diketahui dapat menampung tujuh planet seukuran Bumi. Lagi-lagi, Spitzer Space Telescope memainkan peran utama dalam mendeteksi planet-planet ini dan memberikan informasi kepada para ilmuwan.

Sistem TRAPPIST-1 terlalu jauh untuk mengamati secara langsung planet-planet ini, tetapi pengalaman VR yang ditawarkan NASA akan menunjukkan kira-kira seperti apa planet itu nantinya. Tayangan ini berdasarkan pada data dari Spitzer Space Telescope dan bantuan teleskop lain yang telah mempelajari sistem TRAPPIST-1.

Pengguna VR ini akan diarahkan ke sekitar lima dari tujuh planet. Aplikasi VR akan tersedia untuk Oculus dan Vive melalui situs web misi Spitzer.

Video 360 derajat juga tersedia di akun Youtube Spitzer yang memungkinkan pengguna menjelajahi sistem TRAPPIST-1 virtual di desktop, smartphone, atau dengan Google Cardboard. [NASA]