Ini Sosok Polisi Video Viral Masuk Pak Eko!

Eko Hari Cahyono (Instagram/papi_eko_pusdik_sabhara_porong)
26 Agustus 2018 19:45 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, SOLO – Seorang polisi bernama Eko Hari Cahyono mendadak menjadi pusat perhatian warganet. Hal itu bermula dari video viral yang menunjukkan keahliannya melemparkan berbagai benda ke sasaran dengan tepat. Yang menarik, video itu dilengkapi dengan suara lucu sejumlah anak-anak berseru, "masuk Pak Eko," setiap kali dia selesai menunjukkan keahliannya.

Sejumlah video viral di media sosial menunjukkan aksi unik Eko Hari Cahyono yang sangat mahir melemparkan berbagai benda, mulai dari sendok, garpu, pisau, cangkul, hingga gergaji. Meski terlihat bercanda, semua benda yang dilemparkan Eko selalu tepat mengenai sasaran. Lantas, siapakah sosok Eko sebenarnya?

Eko Hari Cahyono merupakan polisi yang berdinas di Pusdik Sabhara Lemdiklar Polri di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Pria lulusan Bintara tahun 1987 itu memang dikenal memiliki keahlian melempar pisau sangkur.

"Memang dia punya keahlian pada kualifikasi itu. Walaupun di video kelihatannya sambil bercanda, tapi sebenarnya untuk ahli seperti itu butuh latihan yang keras," kata Kapusdik Sabhara Lemdiklat Polri, Kombes Guritno Wibowo, seperti dikutip dari Liputan 6, Minggu (26/8/2018).

Perwira yang telah mengabdi di Korps Bhayangkara selama 31 tahun itu merupakan instruktur di bidang survival, search, and rescue (SAR). Saat ini, Eko Hari Cahyono bertugas di bagian pendidikan pengembangan spesialis teknik dan taktik tugas kepolisian di bidang Sabhara.

"Jadi memang untuk survival dibutuhkan latihan seperti itu. Meski ya latihannya tidak sampai dengan gergaji. Kalau dia lempar gergaji itu kan modifikasi saja," sambung Kombes Guritno Wibowo.

Meski memiliki berbagai kesibukan, Eko Hari Cahyono ternyata cukup aktif di media sosial. Dia sering mengunggah video unik di akun Instagram pribadinya, @papi_eko_pusdik_sabhara_porong. Akun yang memiliki 290 unggahan itu telah diikuti lebih dari 36.000 pengikut (followers).

Tokopedia