2 Danau di Rusia Berubah Warna Jadi Pink, Kenapa?

Danau pink Rusia (Dailystar).jpg
04 September 2018 15:10 WIB Septina Arifiani Viral Share :

Solopos.com, SOLO – Dua danau besar yang terletak di kawasan Kinelskiy dekat dengan kota Samara Oblast, Rusia berubah warna menjadi pink atau merah muda. Hal itu membuat warga setempat panik.

Investigasi demi mengetahui penyebab perubahan warna air danau itu telah dilakukan. Dikhawatirkan, pencemaran pabrik menjadi penyebabnya. Terdapat lima pabrik di sekitar danau, yaitu pabrik beton, pabrik pakan organik, pabrik pembuatan bir, pabrik minyak, dan peternakan babi.

Seperti dikutip dari Dailystar.co.uk, Senin (3/9/2018), seorang ahli ekologi Sergei Simak menyelidiki kasus ini dan menyebutkan ada tiga kemungkinan penyebab perubahan warna air danau.

Sergei mengatakan perubahan warna danau merupakan kontaminasi bahan kimia, perubahan warna batuan di dalam air, serta adanya alga dan bakteri yang menghasilkan warna merah. Beberapa warganet memberikan komentar tentang kejadian ini.

"Ini terlihat nyata," komentar Alex Polyanskiy.

"OMG, apa yang terjadi di sana ?!," timpal Konstantin Kostya

"Saya ingin tahu apa bahan yang dia gunakan untuk membuat bir jika limbahnya berwarna seperti itu," netizen bernama Vladimir Afonin menambahkan. (Billy Adytya Kurniawan/JIBI/Solopos.com)