Penganiayaan Disebut 21 September, Polisi Belum Temukan Nama Ratna Sarumpaet di RS

Foto yang diklaim sebagai Ratna Sarumpaet jadi korban pemukulan. (Twitter ayuning_2)
02 Oktober 2018 16:30 WIB Adib Muttaqin Asfar/ Newswire Viral Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Polda Jawa Barat masih melakukan penyelidikan terkait kabar dugaan penganiayaan yang menimpa Ratna Sarumpaet yang disebut terjadi di Kota Bandung. Namun, polisi belum menemukan nama Ratna Sarumpaet di daftar pasien yang dirawat dirumah sakit di Bandung.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Barat Kombes Pol Umar Surya Fana mengatakan masih melakukan pengecekan di beberapa rumah sakit di Bandung. Hingga kini polisi belum menemukan data pasien atas nama Ratna Sarumpaet di rumah-rumah sakit di Jawa Barat.

"Sampai saat ini di cek di RS Hasan Sadikin, lGD dan beberapa RS di Bandung tidak ada nama Ratna Sarumpaet dirawat," kata Umar melalui pesan singkat yang diterima Suara.com, Selasa (2/10/2018).

Umar mengatakan pihaknya juga belum menerima laporan terkait dugaan penganiayaan yang menimpa ibunda aktris Atiqah Hasiholan itu. "Termasuk LP [laporan polisi] baik di Polda dan di Mapolrestabes Bandung juga tidak ada yang laporan," jelasnya.

Meski begitu, Umar mengakui sudah menginstruksikan anggotanya untuk melakukan penyisiran di klinik-klinik kesehatan yang berada di sekitar Kota Bandung. "Jajaran Polsek sedang melakukan penyisiran di klinik-klinik," tutupnya.

Di media sosial, foto orang yang disebut sebagai Ratna Sarumpaet tersebut menjadi perdebatan. Ada sebagian pihak yang mempertanyakan apakah itu benar-benar Ratna Sarumpaet, namun ada pula yang meyakinkan bahwa itu adalah foto Ratna. 

Sebagian netizen membandingkan foto Ratna Sarumpaet sebelum ada kejadian dengan foto-foto pascaberedarnya kabar penganiayaan itu. Mereka menyoroti posisi tahi lalat yang berbeda antara foto Ratna sebelumnya dengan wajah dalam foto tersebut.

"Coba amati Tahi lalat di pipi dan leher..tulang pipi, dan belahan di bawah hidung. Kalo ini bener sy dukung proses dan hukum seberat”nya. Kalo ini hoax, maka proses penyebar hoax, penjarakan sampai jera," kicau @ronrad79, Selasa.

Namun, akun @fadlizon mengunggah foto lain yang menunjukkan Fadli Zon bersama seorang perempuan berkerudung yang dia sebut sebagai Ratna Sarumpaet. "Sy jenguk Mbak @RatnaSpaet saat proses recovery dua hari lalu. Tindakan penganiayaan ini mmg sungguh keji," kicau @fadlizon, Selasa.

Merujuk pada keterangan akun @fadlizon, artinya foto tersebut diambil pada Minggu (30/9/2018). Hal ini berbeda dari pernyataan akun Rachel Maryam, @cumarachel, yang menyebut peristiwa penganiayaan terjadi semalam.

Akun @wati_siswoyo juga menyatakan bahwa kejadian penganiayaan muncul pada Jumat (21/9/2018) lalu. Namun, katanya, informasi itu sempat disembunyikan karena Ratna Sarumpaet mengalami trauma.

"Kejadian sebenarnya tgl 21 September dan memang sengaja disembunyikan selama masa perawatan di RS, krn dia jg trauma dan demi keamanannya. Sekarang baru dibuka ke publik setelah dia merasa siap," kicau @wati_siswoyo.

Belakangan, @cumarachel juga meralat kicauannya sebelumnya. "Setelah dikonfirmasi, kejadian penganiayaan benar terjadi.. hanya saja waktu penganiayaan bukan semalam melainkan tgl 21 kemarin. Berita tidak keluar karena permintaan bunda @RatnaSpaet pribadi, beliau ketakutan dan trauma. Mohon doa."

Foto yang diklaim sebagai Ratna Sarumpaet dianiaya sebelumnya juga muncul di akun Twitter @balqissidiqia, Selasa. Di akun ini, ada sepasang foto yang disebut sebagai Ratna yang kemudian menjadi viral.

Sumber : Suara.com