Kisah Pilu Izrael, Bocah Korban Gempa Palu yang Pengin Ikut Jokowi

Izrael, korban gempa Palu yang ingin ikut Jokowi (Instagram/makrumpita)
04 Oktober 2018 14:00 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, PALU – Gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter yang menghancurkan Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018), menyisakan sejuta kisah pilu. Seorang bocah bernama Izrael, mengaku ingin ikut Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tengah berkunjung ke lokasi. Dia bahkan sampai mengikuti Jokowi ke dalam mobil saat hendak meninggalkan lokasi bencana alam tersebut.

Ibu Izrael telah meninggal dunia akibat gempa dan tsunami yang menerjang Kota Palu, Sulawesi Tengah. Sementara ayahnya masih dirawat di rumah sakit. Meski tengah dirundung duka, Izrael yang baru berusia enam tahun itu tampak tegar.

"Mamaku sudah meninggal. Saya tidak boleh menangis. Saya harus berani. Mamaku sudah di atas," kata Izrael dalam video viral di media sosial yang salah satunya diunggah akun Instagram @makrumpita, Kamis (4/10/2018).

"Naik pesawat tidak bisa lagi lihat mama. Mama sudah di atas gunung. Mama sudah ada di surga. Tapi saya tidak boleh menangis. Saya harus berani. Kalau saya menangis, mamaku menangis juga," sambung Izrael.

Pertemuan Izrael dengan Presiden Jokowi terjadi pada Rabu (3/10/2018). Ketegaran Izrael membuat Presiden Jokowi terharu. Pertemuan itu diabadikan dalam foto yang diunggah di akun Instagram-nya, @jokowi.

"Bocah kecil ini saya temui di satu lokasi pengungsian korban gempa di Kota Palu, tak jauh dari Hotel Roa-Roa yang runtuh. Ibunya meninggal, sementara ayahnya dirawat karena luka. Pada tubuh bocah pemberani ini pun terlihat bekas luka," ungkap Presiden Jokowi.

Keberaniaan dan ketabahan Izrael menghadapi bencana alam tersebut menuai simpati warganet. Mereka mendoakan agar Izrael dan korban gempa Palu lainnya diberi kekuatan untuk menghadapi kenyataan.

"Enggak usah ikut Pak Presiden dek. Ikut tante aja jadi kakaknya Alin. Ganteng banget," komentar @meng.kitchen.

"Semangat ya nak. Kamu anak pintar, kamu anak kuat, kamu anak hebat. Semoga kamu selalu dikelilingi orang-orang baik dan sayang padamu," imbuh @naniiesaputra61214.

"Ya Allah, pengin nangis lihat video ini. Pasti peristiwa yang enggak bakal dilupakan dalam seumur hidupnya. Sabar ya nak, mama sudah di surga," lanjut @jeslyn_86.