Ngomong Tak Senonoh, 3 Siswi SMK Sumberlawang Sragen Viral

Ilustrasi sekolah. (Solopos/Whisnu Paksa)
06 Oktober 2018 16:30 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, SRAGEN – Beberapa waktu lalu, warga Sumberlawang, Sragen, Jawa Tengah, dibuat heboh dengan video viral tiga siswi sekolah menengah kejuruan (SMK) di media sosial. Ketiga siswi yang tidak disebutkan identitasnya itu mendapat kritikan dari warganet karena ucapan yang tak pantas di video tersebut.

Video viral yang diunggah akun Instagram @infosumberlawang, Jumat (5/10/2018), memperlihatkan tiga siswi berhijab yang berada di tengah hutan. Dalam video tersebut, mereka mengatakan kehidupan di Sumberlawang, Sragen, Jawa Tengah, sangat keras.

"Tak kandani lur. Sumberlawang keras lur. Siji, paketanmu entek bojomu tak pek. Loro, hubungan tak direstui, adik bayi pun jadi. Telu, sekolah tanpo gincu ra payu. Sing paling tragis lur, kowe sing ditumpaki, aku sing dirabi," demikian kata tiga siswi SMK tersebut.

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kurang lebih perkataan ketiga siswi tersebut sebagai berikut, "kami kasih tahu lur, Sumberlawang keras lur. Satu, paketanmu habis suamimu saya ambil. Dua, hubungan tidak direstui, adik bayi pun jadi. Tiga, sekolah tanpa lipstik tidak laku. Dan yang paling tragis, kamu yang ditiduri, saya yang dinikahi."

Ucapan tak pantas dari ketiga siswi tersebut sontak membuat heboh dan menuai cacian warganet. Mereka sangat menyayangkan tindakan ketiga siswi yang dianggap kelewat batas tersebut. Menyadari kesalahan, ketiga siswi Sragen itu pun menyampaikan permintaan maaf.

"Assalamualaikum. Dengan tersebarnya video kami yang membuat keprihatinan di Sumberlawang, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada tokoh agama, pemuda-pemudi, pihak sekolah, dan teman-teman sekalian. Kami tidak bermaksud mencemarkan nama baik Sumberlawang," kata salah satu dari ketiga siswi tersebut.

Permintaan maaf itu tak membuat kritikan netizen berhenti. Masih ada sejumlah warganet yang mengkritik tingkah laku ketiga remaja tersebut. "Ya ampun, bocah bayi buat apa sekolah tinggi-tinggi. Sudah kelihatan bibit, bebet, dan bobotnya," komentar @hr_delonge.

"Oalah, makanya enggak usah kebanyakan gaya. Sekolah yang benar biar orang tuamu bangga. Bukan kok bangga di dunia maya kayak begitu," imbuh @noviasiam_paytren.

"Terkenal viral dengan cara yang bodoh. Mbok ya mikir dulu sebelum ngomong. Rugi ditanggung sendiri gaes," lanjut @uchil79_.