Perjuangan Fatta Sekolah Sambil Momong Adik

Fatta, bocah Sampang yang sekolah sambil momong adik (Facebook)
08 Oktober 2018 19:40 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, SAMPANG – Menuntut ilmu di bangku sekolah merupakan hak setiap siswa. Tapi, kadang kenyataan yang terjadi tidak seperti dalam bayangan. Seperti dialami bocah kelas V sekolah dasar (SD) di Sampang, Madura. Bocah laki-laki tersebut harus mengasuh adiknya saat berada di kelas. Perjuangannya mengasuh sang adik sambil menuntut ilmu mendapat apresiasi setelah viral di media sosial.

Kisah bocah laki-laki yang bernama Fatta itu dibagikan oleh gurunya melalui akun Facebook Leendya Putry Kurniawati, Kamis (4/10/2018). Dia mengunggah foto Fatta yang berseragam merah putih tengah menggendong sang adik di kelas. Dia amat terharu melihat perjuangan Fatta menuntut ilmu meski harus mengasuh adiknya.

"Kenyataan tak menurunkan harapan. Muridku ini selalu bawa adiknya ke sekolah. Alhamdulillah enggak pernah rewel dalam kelas. Tak ingin menyalahkan siapapun. Hanya bisa termenung saat menunggu anak-anak mengerjakan tugas yang kuberikan. Umur segini udah bisa manage kehidupan. Momong adiknya sambil mencari ilmu," tulis Leendya Putry Kurniawati sebagai keterangan foto.

Fatta membawa adiknya ke sekolah karena orang tuanya sibuk bekerja. Dia tetap ingin sekolah dan menjalankan tugas menjaga adiknya. Akhirnya, dia pun membawa sang adik ikut ke sekolah. Di saat teman-temannya bermain, dia sibuk menimang sang adik.

"Kalau dilarang bawa adik ke sekolah, pasti si anak tidak datang ke sekolah. Karena nunggu adiknya di rumah. Karena orang tuanya kerja. Yang dipikirannya saat kutanya hanya ingin bersekolah dan jaga adik. Jadi, masih beruntung mau datang bersekolah," sambung Leendya Putry Kurniawati.

"Foto kuambil saat istirahat. Teman-teman lainnya sibuk bermain. Tapi, dia mencoba menidurkan adiknya dengan menimang," tutup Leendya Putry Kurniawati.

Kisah Fatta yang sangat menginspirasi itu membuat warganet terharu. Mereka sangat terharu melihat perjuangan Fatta dalam menuntut ilmu. "Subhanallah, semoga kelak kamu sukses ya nak," komentar Ernita Ningsih.

"Subhanallah, mulia banget hatimu kak. Keberuntungan selalu buatmu kakak," imbuh Nur Rahmawati.

"Enggak bisa ngomong lagi. Doaku semoga anakku ini besok menjadi orang sukses," lanjut Annisa Haryati.