Viral Foto Sandiaga Uno Diduga Injak Makam, Begini Faktanya

Foto viral Sandiaga Uno yang dituding menginjak kuburan. (Istimewa - Instagram)
24 Oktober 2018 06:10 WIB Jafar Sodiq Assegaf Viral Share :

Solopos.com, JAKARTA - Foto cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno di area pemakaman viral di media sosial. Banyak yang mengira Sandiaga menginjak kuburan itu, tapi Sandiaga punya pengakuan berbeda. 

Foto yang viral itu memperlihatkan Sandiaga memakai baju biru, sepatu kets, dan peci. Dia merentangkan tangannya saat melangkah. Sandiaga tidak sendiri, ada beberapa orang yang mendampingi dan tampak mengarahkan ponsel berkamera ke arahnya. Di sebelah kiri, ada orang di sebelah Sandiaga namun tidak tampak secara jelas dari jepretan kamera.

Foto itu diambil saat Sandiaga tengah melakukan ziarah ke pencipta lambang Nadhatul Ulama (NU), KH Ridwan Abdullah di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tembok Gede, Surabaya, Minggu (21/10/2018). Sandiaga menerangkan bahwa saat itu dirinya sedang berjalan menuju makam Soedjarwoto Soemarsono atau Gombloh.

“Menuju makam pak Gombloh enggak ada jalan setapak, jadi rapat sekali, untuk hindari kita injak makam, saya hindari kuburan naik di atas tembok pisahkan ini, tangan saya merentang untuk keseimbangan,” kata Sandiaga di Media Center Prabowo-Sandiaga, Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, dilansir Suara.com, Selasa (23/10/2018).

Sandiaga mengungkapkan bahwa dirinya pun memiliki kegiatan rutin dalam lingkungan keluarganya sehingga sangat memahami tentang aturan bersikap di area pemakaman. Sandiaga pun memahami bahwa video tersebut kemudian viral karena menjadi bahan "gorengan" dalam masa kampanye.

“Saya tahu adab di makam seperti apa, saya warga yang sangat mengerti bagaimana bersikap di kuburan. Tapi gini, kalau lagi kampanye mau benar saja salah apalagi salah, saya hindari semua yang berpotensi salah,” pungkasnya.