Digebuki Gara-Gara Dikira Maling Bule, Ternyata Cuma Salah Paham

Seorang pria korban persekusi dan bule yang salah paham. (Istimewa - Facebook)
06 November 2018 23:10 WIB Jafar Sodiq Assegaf Viral Share :

Solopos.com, BALI - Media sosial dalam beberapa hari terakhir dihebohkan dengan beredarnya video dua orang pria dikeroyok di Ubud, Gianyar, Bali. Kabarnya, dua pria itu dipukuli lantaran dituduh mencuri dari turis bule.

Pengeroyokan dua pemuda ini dilakukan oleh sejumlah orang karena awalnya kedua pemuda tersebut dituduh mencuri uang dari ATM milik dua wanita bule. Belakangan diketahui ternyata tuduhan kepada dua pemuda tersebut tidaklah benar. Akun Facebook Eris Riswandi menceritakan kronologi kejadian.

Mulanya, dua pria ini bermaksud ingin mengambil sejumlah uang gajian mereka di sebuah ATM. Di saat yang sama, ada bule wanita bolak balik ATM, yang mengira kalau dirinya telah melakukan transaksi tarik tunai.

Dua pekerja itu mengambil uang dengan nominal Rp2 juta di dalam mesin ATM, lantas si bule perempuan ini tiba-tiba masuk dan mengira uang Rp2 juta itu miliknya dan ia pun menarik uang itu.

"Dua pekerja ini ngambil uang Rp 2 juta di dalam mesin ATM, lalu si bule perempuan ini tiba-tiba masuk entah pakai bahasa apa dia mengira uang Rp2 juta ini milik dia. Dia menarik uang tersebut dan spontan para pekerja ini mempertahankan uang tersebut," terang akun Facebook Eris Riswandi.

Karena merasa miliknya, para pekerja itu mempertahankan uang tersebut. WNA yang merasa uangnya diambil kemudian berteriak dan mengakibatkan terjadinya kerumunan massa. Tak butuh waktu lama massa terprovokasi lantas memukuli dua pria itu.

Beruntung polisi cepat tiba di TKP dan langsung mengamankan kedua pemuda itu. Polisi juga menginterogasi wanita bule itu. Ternyata setelah dicek uang dari ATM si wanita bule itu memang tidak pernah keluar. Dan saldo di rekeningnya tidak berkurang sama sekali.

Lewat sebuah video terpisah, wanita bule itu meminta maaf atas kejadian tersebut. Bule itu lantas memberikan uang kompensasi Rp400.000 kepada kedua pemuda yang telah jadi korban pengeroyokan.

Mengutip laporan Detik.com, Sabtu (3/11/2018), video yang viral di media sosial itu terjadi di Jalan Hanoman, Ubud, Sabtu lalu. 

Kapolsek Ubud Kompol Raka Sugita menjelaskan awalnya ada seorang WNA perempuan datang ke ATM. Kemudian datang kedua pria tersebut untuk mengambil uang di lokasi yang sama.

WNA asal Austria tersebut disebutkan keluar-masuk ATM. Hingga akhirnya melihat kedua pria dengan sejumlah uang di tangannya. Terjadi salah paham, WNA tersebut mengira uang yang ada di tangan kedua pria tersebut merupakan uangnya.

Tarik menarik antara kedua pria dengan WNA tersebut memancing perhatian warga. Warga yang tidak tahu ada yang menyebut peristiwa itu pencopetan, ada juga yang menyebut kedua pria merampas uang si bule.