Salvator Mundi, Lukisan Termahal Karya Leonardo Da Vinci Milik Pangeran Arab

Salvator Mundi karya Leonardo da Vinci (Reuters)
26 November 2018 13:00 WIB Newswire Viral Share :

Solopos.com, SOLO – Beberapa waktu lalu dunia sempat dihebohkan dengan pembelian lukisan mahakarya Leonardo Da Vinci oleh Pangeran Muda Arab. Lukisan tersebut kini dinobatkan sebagai lukisan termahal di dunia.

Lukisan berjudul Salvator Mundi ini menampilkan wajah Yesus Kristus. Dengan merogoh kocek sebesar US$450 juta atau setara Rp6 triliun, Pangeran Arab Saudi Bader bin Abdullah bin Mohammed bin Farhan Al Saud dapat membawa pulang lukisan tersebut.

Masyarakat bisa menyaksikan lukisan termahal ini di museum Louvre Abu Dhabi. Terhitung sejak tanggal 18 September 2018, lukisan tersebut sudah dipamerkan di sana.

Tak hanya itu saja, lukisan ini juga akan berkeliling dunia karena akan dipamerkan di museum Louvre di Paris mulai tanggal 25 Oktober 2019 hingga 24 Februari 2020.

Leonardo Da Vinci menciptakan Salvator Mundi pada tahun 1500. Meski sudah berumur tua, lukisan ini baru dinyatakan asli pada enam tahun lalu karena sebelumnya dianggap sebagai salinan dari salah satu murid Da Vinci.

“Hilang dan tersembunyi begitu lama di tangan pribadi, karya Leonardo Da Vinci sekarang menjadi hadiah kami bagi dunia,” kata Mohamed Khalifa Al-Mubarak selaku Ketua Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Abu Dhabi.

Salvator Mundi menggambarkan potret setengah badan dari Yesus Kristus dengan tangan kiri yang memegang bola kristal. Sementara itu tangan kanannya terlihat sedang memberkati dunia.

Sumber : Okezone