Kisah Inspiratif Gadis Manis Penjual Jamu Gendong

Ilustrasi penjual jamu gendong (Youtube)
26 November 2018 21:40 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, SOLO – Penjual jamu gendong sudah sulit ditemukan. Apalagi jika si penjual jamu tersebut adalah seorang gadis muda belia. Meski sangat jarang ditemukan, ternyata ada gadis yang masih mau menjadi penjual jamu gendong.

Salah satu gadis penjual jamu gendong itu berada di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Gadis yang tidak disebutkan namanya itu berjualan jamu sepulang sekolah setiap hari. Gadis penjual jamu gendong itu viral berkat video unggahan pemilik akun Instagram @yuni_rusmini, Kamis (22/11/2018).

Video viral itu merekam percakapan seorang pria dengan gadis manis penjual jamu gendong itu. Dia tampak malu-malu menjawab pertanyaan lawan bicaranya. Sesekali dia memainkan poni rambut panjangnya yang dikucir sepeti ekor kuda.

Sama seperti penjual jamu pada umumnya, gadis tersebut menggendong tenggok yang berisi beberapa botol jamu. Gadis muda itu menjajakkan jamunya sambil berjalan kaki berkeliling sejumlah wilayah di Bogor, Jawa Barat. Gadis tersebut mulai menjajakkan jamunya sekitar pukul 16.00 WIB setiap hari.

Kisah gadis penjual jamu gendong tersebut rupanya cukup menginspirasi sejumlah warganet. Netizen yang kagum dengan gadis tersebut memberikan pujian serta doa terbaik bagi si penjual jamu gendong yang tidak diketahui identitasnya itu.

"Salut banget, pulang sekolah masih sempat jualan jamu. Artinya dia tidak mengharapkan sepenuhnya sama ayah dan ibunya untuk menambah penghasilan buat sekolah," komentar @heripuyung.

"Semoga jamunya laris manis. Semanis muka eneng," sambung @geraldy_fariztito13.

"Keberaniannya sungguh luar biasa. Keren banget, semoga dagangannya laris," imbuh @ikhhhwaaan_56.