Viral Presiden Jokowi Nyanyi Lagu Deen Assalam

Presiden Jokowi menutup Festival Bintang Vokalis Qasidah 2018 (Instagram/jokowi)
01 Desember 2018 21:30 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, SOLO -- Lagu kasidah menjadi salah satu yang digemari masyarakat Indonesia. Belakangan ini, lagu berbahasa Arab tersebut naik daun di Tanah Air berkat grup musik Sabyan Gambus. Grup musik tersebut membawakan aneka lagu kasidah dengan gaya kekinian yang cepat akrab di telinga masyarakat.

Salah satu lagu Sabyan Gambus yang cukup fenomenal bertajuk Deen Assalam. Vokalis Sabyan Gambus, Nissa, hanya menyanyikan ulang lagu tersebut dengan aransemen berbeda. Lagu tersebut milik seorang penyanyi muda, Sulaiman Al Mughani.

Saking populernya, lagu Deen Assalam menjadi salah satu yang dihafal oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Presiden Jokowi menyanyikan lagu tersebut saat berpidato menutup Festival Bintang Vokalis Qasidah 2018 tingkah nasional yang digelar di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (29/11/2018). Pidato penutupan acara yang digelar Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LAQSI) tersebut membuat heboh tamu undangan.

Di sela-sela pidatonya, Presiden Jokowi mendendangkan lagu Deen Assalam. Orang nomor satu di Indonesia itu kagum dengan video klip Deen Assalam Sabyan Gambus di Youtube yang telah ditonton lebih dari 174 juta kali.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyanyikan bagian reff lagu Deen Assalam. Dia mengaku hanya hafal bagian tersebut. "Sudah, saya hanya hafal ferr-nya. Seterusnya bapak ibu suaranya lebih bagus," kata Jokowi yang disambut teriakan tamu undangan.

View this post on Instagram

Saya menghadiri acara Festival Bintang Vokalis Qasidah Tingkat Nasional Tahun 2018 oleh Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia di Jakarta, semalam, sembari mengenang lagu-lagu kasidah di era 75 hingga 80-an. Saya masih mengingat grup Nasida Ria dengan lagunya yang berjudul Merdeka Membangun. Ada yang masih ingat? Itu zaman saya masih remaja. Saya sering dengar karena mendiang Bapak saya punya kasetnya. Sekarang, di tengah pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan, sains, teknologi, dan seni, kasidah makin berkembang dan tak lekang oleh waktu. Ada grup kasidah Sabyan yang bergaya milenial dan fenomenal dengan penyanyi Nissa Sabyan yang usianya baru 19 tahun. Saya menonton video lagunya yang berjudul Deen Assalam. Lagu-lagu kasidah mengandung semangat, juga mengingatkan umat mengenai akhlakul karimah.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Aksi Presiden Jokowi mendendangkan lagu Deen Assalam tersebut dibagikan melalui video yang diunggah di akun Instagram @jokowi, Jumat (30/11/2018). Melalui video itu, Presiden Jokowi menyampaikan kekaguman kepada grup musik Sabyan Gambus yang bergaya kekinian. Seperti diketahui, vokalis grup musik tersebut merupakan bagian dari kaum milenial yang masih berusia 19 tahun. Sebagai penikmat musik, dia menilai lagu kasidah mengandung semangat dan mengingatkan tentang akhlakul karimah.