Jadi Dessert Terenak Dunia, Cendol Diklaim dari Singapura

Cendol. (Liputan6.com)
05 Desember 2018 05:10 WIB Jafar Sodiq Assegaf Viral Share :

Solopos.com, SOLO - Stasiun televisi Amerika Serikat CNN tiga hari lalu merilis daftar 50 makanan penutup terenak di dunia. Di antara daftar itu ada dua jenis hidangan yang sangat populer di Indonesia. Hidangan itu adalah cendol dan onde-onde. Tapi yang membingungkan adalah cendol ditulis berasal dari Singapura.

Dilansir World of Buzz, Selasa (4/12/2018), cendol dideskripsikan sebagai es yang terbuat dari santan dan diberi campuran sirup gula merah dan cendol hijau. Cendol hijau sendiri terbuat dari tepung beras dan perasan air pandan. Katanya, cendol dapat ditemukan di seluruh Asia Tenggara. Namun di Singapura sendiri, cendol divariasikan dengan tambahan satu sendok kacang merah.

"Pada siang hari yang terik di Singapura, penduduk biasanya mendinginkan diri dengan menyantap hidangan yang manis serta dingin. Cendol yang campur dengan perpaduan santan, sirup, gula aren ini menambah cita rasa," tulis CNN. "Cendol sendiri dibuat dari tepung beras dan diberi pewarna hijau atau sari daun pandan. Bisa pula ditambah dengan kacang merah yang sudah direbus sehingga lebih lembut."

Penulisan CNN Travel yang menyatakan cendol sebagai sajian penutup dari Singapura sontak membuat warganet Indonesia dan Malaysia terkejut. Tidak sedikit dari mereka yang menyebutkan bahwa cendol berasal dari Penang, Malaysia.

Hingga saat ini, asal usul cendol belum terkonfirmasi dengan pasti. Tapi dalam sebuah laporan dari iFood, kata "cendol" muncul pertama kalinya dalam proyek konkordansi Melayu yang diterbitkan pada tahun 1932.

Sementara itu, ada pula jajanan yang akrab di Tanah Air yakni Onde-Onde yang masuk dalam daftar tersebut. Namun, di situs CNN menulis nama makanan tersebut dengan Sasame Balls dari China.

Di Indonesia, Onde-Onde banyak dijual di pasar tradisional atau pedagang keliling. Dibuat dari adonan tepung yang dicampur dengan wijen lalu digoreng hingga keemasan.

"Sasame Balls atau Jian Dui ini sangat populer di China saat perayaan Tahun Baru Imlek. Bagi orang China, kue bulat ini dianggap sebagai simbol kebaikan," tulis CNN.

Makanan penutup populer lain yang masuk daftar dessert terbaik di dunia adalah egg tart dari Hong Kong, cheesecake dari Jepang, gulab jamun dari India, deep fried sesame balls dari China, snow ice dari Taiwan, mango sticky rice dan tub tim krob (crispy rubies) dari Thailand.