Siswa SMKN 1 Banyuwangi Pakai Tameng Biar Enggak Nyontek Saat Ujian

Siswa SMKN 1 Banyuwangi saat menjalani ujian (Instagram)
08 Desember 2018 21:00 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, SOLO – Aksi menyontek menjadi salah satu kebiasaan buruk sebagian siswa. Kecurangan tersebut dianggap sangat meresahkan sehingga membutuhkan perhatian lebih. Pihak sekolah memiliki cara tersendiri untuk mengatasi masalah tersebut.

Salah satu cara unik untuk menanggulangi aksi menyontek siswa dilakukan oleh pihak SMKN 1 Banyuwangi, Jawa Timur. Dalam video viral di media sosial terlihat siswa SMKN 1 Banyuwangi memakai kacamata kuda saat mengerjakan ujian.

Video viral yang salah satunya diunggah akun @indozone, Sabtu (8/12/2018), memperlihatkan sejumlah siswa SMKN 1 Banyuwangi memakai topi dan kertas untuk menutupi wajah. Cara memasang tameng tersebut dilakukan untuk mencegah siswa menyontek.

Cara yang dilakukan pihak SMKN 1 Banyuwangi, Jawa Timur, untuk mengatasi siswa menyontek tersebut menuai beragam respons dari warganet. Sejumlah netizen menilai cara tersebut terlalu berlebihan.

"Lebay banget sih pakai cara kayak gini segala," komentar @kambinggiuma.

"Enggak mungkin muridnya sendiri yang mau. Di sekolah itu solidaritas tinggi. Palingan gurunya yang suruh seperti itu," sambung @karim_plur2.

"Pendidikan Indonesia bobrok udah kuno. Di saat negara maju tidak mensyaratkan nilai ujian sebagai kelulusan bagi penerus bangsanya. Di sini malah ngejar nilai dan berdampak mereka jadi tidak jujur," imbuh @javier.roviqqq.