Video Viral Guru Dikeroyok Siswa Ternyata Cuma Guyon

Video penganiayaan seorang yang diduga guru oleh beberapa orang berseragam sekolah. (Istimewa / Instagram)
11 November 2018 20:00 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, KENDALVideo pengeroyokan seorang guru oleh siswanya di SMK NU 03 Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, viral di media sosial. Video tersebut menuai beragam reaksi negatif dari warganet karena dianggap sebagai potret bobroknya sistem pendidikan.

Tetapi, belakangan diketahui aksi pengeroyokan dalam video viral tersebut ternyata hanya guyonan. Hal itu disampaikan langsung lewat surat edaran yang ditandatangani Kepala SMK NU 03 Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, Muhaidin. 

Surat edaran tersebut viral berkat unggahan pemilik akun Twitter @ainurohman, Minggu (11/11/2018). Kepala SMK NU 03 Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, menjelaskan video tersebut direkam seusai sang guru bernama Joko Susilo selesai mengajar siswa kelas X, Kamis (8/11/2018).

Menjelang akhir jam pelajaran, para siswa bercanda dengan melempar kertas. Salah satu kertas tersebut secara tak sengaja mengenai Joko Susilo. Pria tua itu langsung menegur siswa dan meminta pelakunya mengaku.

Sayangnya, tidak ada satu pun siswa yang mengakui perbuatan tidak sopan tersebut. Namun, beberapa siswa maju ke depan untuk mengajak Joko Susilo bercanda. Tindakan itu ditanggapi reaktif oleh Joko Susilo yang tampak seperti orang hendak berkelahi.

Melihat respons Joko Susilo, beberapa siswa kelas X SMK NU 3 Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, itu justru menjadi geli. Mereka pun semakin berani menyentuh tubuh Joko Susilo yang ditanggapi dengan reaktif. Gerakan Joko Susilo itu terkesan seperti orang berkelahi yang membuat kesalahpahaman.

Apalagi ternyata ada seorang siswa yang merekam kejadian tersebut. Sekolah sadar guyonan yang diperlihatkan dalam video itu melewati batas wajar. Namun, sekolah telah melakukan penanganan terkait semua pihak yang terlibat dalam aksi kontroversial itu.