Bukan UFO! Ini Sumber Suara Misterius di Langit Pantura

Pesawat yang menimbulkan suara misterius di langit Pantura Jawa. (Twitter/Sutopo_PN)
17 Desember 2018 07:30 WIB Ginanjar Saputra Viral Share :

Solopos.com, SOLO — Belakangan hari ini, netizen dihebohkan dengan video viral yang memuat suara misterius di langit kawasan Pantai Utara (Pantura) Jawa. Banyak yang sempat menduga suara itu berasal dari unidentified flying object (UFO) atau benda asing yang terbang dan berasal dari luar angkasa.

Namun dugaan terkait UFO itu ternyata salah besar. Sumber suara misterius di langit Pantura yang viral belakangan hari ini akhirnya diungkap oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, melalui akun Twitternya, @Sutopo_PN, Minggu (16/12/2018) malam.

Sutopo mengungkapkan suara misterius itu berasal dari pesawat Antonov An-12BP yang terbang dari Jakarta menuju Melbourne. "Terkuak sudah bunyi misterius dengungan yang heboh di atas Pantura 2 hari yang lalu. Sumber suara adalah pesawat Antonov An-12BP yang terbang dari Jakarta menuju Melbourne melintas di atas Pantura Jawa pada ketinggian 25.000 kaki," ungkap Sutopo menyertakan foto pesawat yang dimaksud.

Sutopo menegaskan sumber suara misterius di langit Pantura Jawa itu bukan berasal dari UFO. "Jadi bukan dari UFO atau pesawat Avengers ya," lanjutnya.

Sebelumnya, video viral terkait suara misterius itu viral dan diunggah di sejumlah akun media sosial. Berdasarkan video yang beredar, memang terdengar suara keras yang kemudian menghilang cepat.