Viral Awan Mirip Tsunami di Makassar, Pertanda Apa?

Fenomena awan tsunami di Makassar, Sulsel. (Instagram/makassar_info)
02 Januari 2019 17:40 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, MAKASSAR Mengawali 2019 warga Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dikejutkan dengan awan berbentuk aneh. Awan yang muncul di langit Kota Makassar, Selasa (1/1/2019), disebut mirip dengan gelombang tsunami.

Fenomena unik tersebut menjadi bahan perbincangan hangat di kalangan warganet. Dalam foto dan video viral di media sosial, awan itu berwarna hitam pekat. Sejumlah warga menyebut awan yang muncul di langit Kota Makassar, Sulawesi Selatan itu berbentuk mirip dengan gelombang tsunami.

Foto dan video awan tsunami tersebut diambil di sekitar wilayah Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. Video unggahan akun Instagram @makassar_info, memperlihatkan awan hitam pekat yang menyelimuti langit kota. Jika diperhatikan, awan tebal tersebut memang berbentuk mirip dengan gelombang tsunami yang mengerikan.

Forecaster on Duty Stasiun Meteorologi Raden Intan, Rahmat, mengatakan, bentuk awan tsunami tersebut sangat lazim terjadi. Awan itu meningkatkan potensi hujan lebat dan angin kencang. "Itu awan kombinasi dari berbagai awan. Awan comulonimbus, awan rendah stratus, dan awan menengah dan tinggi," terang Rahmat seperti dikutip dari Liputan6.com, Rabu (2/1/2019).

Kemunculan awan tsunami tersebut tak pelak menggegerkan masyarakat. Sebagian orang yang melihat langsung mengabadikan fenomena alam yang unik tersebut dengan foto maupun video. Bentuk awan yang menyerupai gelombang tsunami itu pernah terjadi di beberapa negara, salah satunya Australia.

Awan tsunami muncul di langit Kota Sydney, Australia pada 2015. Awan tersebut diabadikan fotografer Reuters di Pantai Bondi. Meski bentuknya menyeramkan, awan itu dianggap tidak berbahaya. Munculnya awan tersebut terjadi karena udara lembap bercampur dengan angin dingin.