Viral Gunung Bertopi, Ternyata Begini Penjelasannya

Gunung Slamet berpayung awan. (Twitter/Sutopo_PN)
29 Januari 2019 16:10 WIB Ginanjar Saputra Viral Share :

Solopos.com, SOLO — Di beberapa daerah belakangan hari ini, viral fenomena alam gunung yang dipayungi awan mirip topi. Fenomena alam itu salah satunya tampak di Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (27/1/2019).

Banyak warganet khawatir fenomena alam seperti itu merupakan pertanda akan adanya bencana alam. Namun ternyata, fenomena alam seperti itu merupakan kejadian biasa dan tak perlu dikhawatirkan.

Hal itu dipastikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, melalui akun Twitternya, @Sutopo_PN, Senin (27/1/2019). "Ini fenomena alam biasa saja. Tidak usah dikaitkan dengan mistis & politik menjelang pemilu pilpres, DPD, DPR, DPRD," ungkapnya.

Sutopo yang menyertakan fenomena alam gunung bertopi di Gunung Slamet, Jateng menjelaskan awan seperti itu terjadi akibat adanya pusaran angin di puncak gunung.

"Gunung Slamet bertopi. Puncak gunung tertutup awan jenis Lentikularis atau Altocumulus Lenticularis. Awan ini terbentuk akibat adanya pusaran angin di puncak," tandas Sutopo Purwo Nugroho.